Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

2 Masjid Terkenal dan Bersejarah Peninggalam Kerajaan Mataram Islam

Kerajaan Mataram merupakan sebuah kerajaan islam yang ada di Indonesia. Kerajaan ini didirikan oleh Danang Sutawijaya atau yang disebut juga dengan Panembahan Senopati. Sementara itu, kerajaan ini bisa mencapai titik kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Agung. Pada mulanya, Kerajaan Mataram berada di Kotagede Yogyakarta. Akan tetapi, kerajaan ini mengalami keruntuhan setelah terjadinya pemecahan kekuasaan menjadi dua yaitu Kasultanan Ngayogyakarta dan Kasunanan Surakarta melalui perjanjian Giyanti. Oleh karena itu, hingga selarang ini kerajaan Mataram Islam meninggalkan sejarah dua kota yang berbeda yaitu Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu, masih ada beberapa peninggalan bersejarah Mataram Islam yang ada di kota Yogyakarta tersebut, yaitu :

  1. Masjid Kotagede

Masjid Kotagede berasa di sebelah selatan Pasar Kotagede, Yogyakarta. Masjid ini diperkirakan sudah berdiri sejak  zaman kerajaan Mataram Islam yang berada di bawah pimpinan Kiai Ageng Mataram. Masjid ini mempunyai sebuah Bedug Ajaib yang konon dulu dibuat oleh rakyat secara bergotong-royong tapi tidak bisa dipindahkan meskipun dengan tenaga yang cukup kuat. Sampai suatu hari datang seorang perempuan yang misterius yang secara tidak diduga bisa mengangkat bedug tersebut. Setelah meninggal, perempuan tersebut di makamkan di sebelah masjid Agung.

  1. Masjid Agung Kauman

Masjid Agung Kauman berada di sebelah barat Alun-Alun Utara Yogyakarta. Lokasinya berada di kampung Kauman Kecamatan Gondomanan Yogyakarta.  Masjid ini dibangun pada tahun 1773 di bawah kepemimpinan Sri Sultan Hamengkubuwono 1. Masjid ini memiliki satu gedung induk yang digunakan sebagai tempat sholat dam maksura yang digunakan sebagai pengaman raja ketika sedang sholat.