Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Beberapa Fakta Menarik dan Kisah Dibalik Asal Usul Kota Solo

Solo lebih dikenal dengan nama Surakarta. Memiliki luas wilayah hingga 44,04 kilometer persegi, kota ini menjadi kota terbesar ketiga di Jawa Bagian Selatan. Tak banyak yang tahu makna dibalik nama Kota Solo. Asal Usul Kota Solo atau Surakarta ini akan dibahas singkat melalui informasi dibawah ini.

Fakta Menarik Tentang Solo

Nama Surakarta sendiri diambil dari dua kata dalam Bahasa Jawa. Sura yang mempunyai arti Keberanian dan Karta yang mempunyai arti Makmur. Sehingga memberikan nama tersebut diharapkan akan membuat Kota Surakarta menjadi tempat untuk orang yang berani dalam perjuangan dan kebaikan juga kemakmuran Bangsa dan Negaranya.

Kota yang mempunyai dua nama yakni Solo dan Surakarta ini mempunyai kisah sejarahnya sendiri. Hal ini dimulai dari Keraton Kartosuro yang mengalami kehancuran karena serangan Kerajaan Mataram. Sehingga Raja Pakubuwana II yang memerintah saat itu berfikir untuk mencari lokasi pusat pemerintahan yang baru.

Setelah itu, ditemukannya lokasi bernama Sala yang kemudian menjadi pusat pemerintahan dan diganti nama menjadi Surakarta Hadiningrat. Nama tersebut hingga sampai saat ini masih dipakai dalam acara formal pemerintahan. Sedangkan nama Kota Solo juga masih dipakai untuk penyebutan umum dalam aspek kultural.

Asal usul kota Solo yang tak banyak diketahui ini menjadi daya tarik tersendiri. Kota Solo juga ditetapkan sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.  Sehingga tak jarang, kota ini akan dijadikan tujuan wisata yang menarik dengan harga yang terjangkau. Anda bisa berkunjung sambil berbelanja Batik langsung di tempat kelahiran Batik Indonesia ini.