Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Cara Bercocok Tanam Bawang Merah Sendiri di Rumah, Mudah dan Cepat!

Bawang merah termasuk salah satu bumbu dapur yang wajib ada di dapur setiap rumah. Bagaimana tidak, tanaman satu ini memang mampu membuat masakan menjadi lebih nikmat. Bahkan ada cita rasa yang kurang apabila menumis tanpa bawang merah. Oleh karena itu, cara bercocok tanam bawang merah berikut ini tentu patut untuk dicoba sendiri di rumah.

Cara Menanam Bawang Merah di Rumah

  1. Cara Menanam Bawang Merah

Pertama tama siapkan bawang merah yang berbentuk bagus dan segar sebagai bibit tanaman. Kemudian siapkan media tanam dengan tanah yang subur, lalu isikan ke dalam pot sampai ¾. Ambil beberapa bawang merah dan potong ujungnya. Letakkan bawang tersebut di dalam tanah dengan kedalaman 5 cm, kemudian timbun menggunakan tanah tanpa perlu ditekan agar terdapat rongga.

  1. Perawatan Tanaman Bawang Merah

Agar bawang merah bisa tumbuh dan memiliki hasil panen yang baik, perawatan harus dilakukan secara rutin. Caranya yaitu dengan menyiram tanaman sebanyak 2 kali sehari. Namun jangan siram terlalu banyak agar bawang tidak busuk. Lalu jangan lupa letakkan pot pada area yang terkena sinar matahari supaya pertumbuhannya maksimal.

  1. Memanen Bawang Merah

Setelah perawatan 60 sampai 90 hari, bawang merah biasanya sudah bisa dipanen. Cari daun yang agak layu dan kering, biasanya itu pertanda bahwa bawang sudah dipanen. Anda juga bisa melihat pada bagian tanah pot. Biasanya bawang akan menyembul ke atas yang berarti bisa panen. Setelah dipanen, bawang dapat dijemur terlebih dahulu selama 1 atau 2 minggu agar kandungan airnya berkurang.

Mudah sekali bukan bercocok tanam bawang merah ? Jadi anda patut untuk mencoba sendiri di rumah, mengingat bahwa bawang merah termasuk tanaman yang sangat berguna untuk kehidupan sehari hari. Jadi ketika membutuhkan bawang merah untuk menambah cita rasa masakan, cukup panen saja di halaman.