Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Mudah, Begini Cara Membuat Kitchen Set Sendiri dari Triplek

Membuat kitchen set di rumah sendiri tentu merupakan hal yang banyak didambakan. Mampu mendesain hingga mewujudkannya sendiri akan memberikan kepuasan. Terlebih jika memang itu adalah desain impian Anda. Untuk membuatnya, Anda tidak perlu khawatir. Hal terpenting adalah mencari referensi terlebih dahulu sebelum benar-benar mewujudkannya.

Dapur merupakan tempat yang paling banyak Anda gunakan. Tidak hanya untuk menciptakan hidangan yang lezat saja, namun juga untuk hal sesepele mendidihkan air. Semua itu Anda lakukan di dapur.

Persiapan Membuat Kitchen Set Sendiri dari Triplek

Kitchen set impian tidak selalu memerlukan biaya yang besar. Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan triplek dan dipadukan dengan warna dan dekorasi yang serasi. Sebelum membuat kitchen set impian, berikut hal-hal yang perlu Anda persiapkan.

  1. Ukuran Dapur

Ukuran dapur akan membantu Anda dalam mendesain kitchen set yang diinginkan. Untuk itu, lakukan pengukuran dengan tepat tentang ukuran luasan dapur terlebih dahulu. Ukuran ini juga dapat membantu Anda untuk menentukan dimensi perabot dapur yang sesuai dengan desain.

  1. Desain Kitchen Set

Sebelum membuat kitchen set sendiri, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan desain yang sesuai dengan ukuran luasan dapur yang telah diukur. Ukuran dan desain yang telah diketahui akan membantu Anda untuk mempersiapkan material yang dibutuhkan sehingga tidak membuang-buang material yang tidak terpakai. Apalagi jika Anda hanya menganggarkan biaya yang tidak banyak.

Untuk mendapatkan desain yang tepat dengan ukuran luasan dapur, Anda dapat memanfaatkan jasa desain interior profesional seperti mirachinterior.id. Di tempat tersebut, Anda akan dapat dibantu dalam memilih desain yang sesuai dengan impian. Tidak hanya itu, perencanaan pendanaan juga dapat dikonsultasikan bersama.

  1. Pemilihan Material

Material berupa triplek tentu ada banyak pilihannya. Mulai dari ukurannya lebar hingga ketebalannya. Ukuran ini juga dapat mempengaruhi harga material tersebut. Selain membutuhkan triplek itu sendiri, tentu membutuhkan kayu yang solid untuk membuat kerangkanya terlebih dahulu. Adanya kerangka ini akan mempermudah Anda saat merangkai kitchen set yang sesuai desain.

Ukuran luasan, desain dan pemilihan material telah siap selanjutnya adalah mewujudkan kitchen set sendiri. Persiapkan terlebih dahulu alat-alat dan bahan-bahan yang akan digunakan.

Tahapan Cara Membuat Kitchen Set Sendiri dari Triplek

Untuk membuat kitchen set sendiri dari triplek yang unik, berikut beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan:

  1. Persiapan Alat dan Bahan

Alat-alat yang akan digunakan untuk membuat kitchen set antara lain gergaji, palu, meteran, penggaris siku, alat serutan, bor, alat untuk pahat dan clamp. Sedangkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kitchen set antara lain triplek, kayu solid Panjang untuk kerangka, cat kayu, lem, dempul, handle, rel roda, penahan pintu hidrolik.

Alat-alat dan bahan-bahan yang akan digunakan tersebut dapat Anda tambahkan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Aksesoris-aksesoris juga dapat ditambahkan sesuai dengan desain yang telah ditentukan.

  1. Memotong Tripleks

Triplek atau plywood yang akan digunakan selanjutnya dipotong sesuai dengan pola kitchen set yang telah dipilih. Pemilihan triplek ini merupakan cara terbaik untuk Anda yang ingin mendesain dapur sendiri dan masih pemula. Karena harganya pun yang lebih terjangkau dibandingkan material kitchen set yang lainnya. Ketebalan dapat Anda sesuaikan. Semakin tebal triplek yang digunakan, maka akan semakin awet.

Triplek yang tebal tidak akan mudah mengalami kerusakan. Selain itu, juga mampu menahan beban yang berat dari perabotan dapur yang akan digunakan. Sebelum memotongnya, buatlah sketsa dan menggambar terlebih dahulu di atas triplek untuk memudahkan Anda saat memotong.

  1. Memotong dan Pembuatan Kayu Kerangka

Setelah triplek-triplek dipotong sesuai dengan rancangan desain, selanjutnya adalah memotong kayu untuk kerangka. Adanya kerangka ini nanti akan mempermudah Anda dalam merakit kitchen set. Namun, jika terlalu sulit untuk membuat kerangka dari kayu, Anda dapat menggunakan meja yang sudah jadi kemudian memodifikasinya dengan menambahkan partisi dan laci.

  1. Merakit Kitchen Set

Potongan triplek dan kerangka yang telah Anda siapkan selesai, selanjutnya adalah merakit kitchen set. Anda dapat memulai dengan menempelkan triplek pada kerangka yang telah dibuat. Selanjutnya dapat menambahkan lemari-lemari atau laci yang dapat digunakan untuk menyimpan perabotan dapur yang akan Anda gunakan nantinya.

Untuk membuat permukaannya halus sebelum dilakukan pengecatan, Anda dapat memberikan dempul terlebih dahulu dan meratakannya. Kemudian setelah kering dapat mengamplasnya hingga permukaannya halus. Selanjutnya Anda dapat mengecat sesuai dengan warna yang diinginkan. Sebelum menata perabotan, pastikan untuk memastikan cat benar-benar kering.

Perawatan pada kitchen set dengan material yang terbuat triplek tentu membutuhkan cara perawatan yang berbeda dibandingkan material yang lainnya. Untuk itu, perlu cara yang tepat agar peralatan lebih awet.

Cara Merawat Kitchen Set dari Triplek

Kegiatan di dapur tentu akan menyisakan kotoran berupa cipratan minyak ataupun air. Untuk itu, pembersihan secara berkala perlu dilakukan agar peralatan tetap terjaga keawetannya.

  1. Bersihkan dengan Air

Kotoran sisa cipratan masakan, segera setelah selesai bersihkan dengan air dan lap kering. Jika terdapat cipratan minyak, dapat Anda tambahkan sabun atau detergen agar minyak hilang dengan sempurna. Sebaiknya gunakan detergen dengan bahan yang lembut dan hindari bahan kimia yang keras agar permukaan kitchen set tidak segera rusak.

Sebaiknya hindari sinar matahari secara langsung agar warna di permukaan kitchen set tidak mudah pudar. Hal ini karena material triplek tidak dapat menahan sinar matahari secara langsung.

  1. Bersihkan Bagian dalam secara Rutin

Kitchen set umumnya juga digunakan untuk menyimpan perabotan dapur. Peralatan yang disimpan dalam waktu lama di dalam laci, juga kemungkinan akan terkena debu. Oleh karena itu, bersihkan bagian dalamnya secara berkala untuk menjaga peralatan tetap terhindar dari debu dan kotoran lainnya. Dengan membersihkan secara teratur juga menghindari adanya serangga yang bersembunyi di dalam laci.

  1. Memastikan Lubang kecil di Kitchen Set Tertutup

Pada saat merangkai dan melakukan pengecatan, pastikan setiap lubang yang mungkin ada tertutup dengan sempurna. Alasannya adalah untuk mencegah masuknya serangga ke dalam ruang penyimpanan. Serangga yang dapat masuk ke ruang penyimpanan dapat membuat perabotan menjadi kotor. Selain itu, juga dapat merusak material kayu itu sendiri.

  1. Lakukan Pemolesan Ulang

Pemolesan ulang dapat Anda lakukan saat warna permukaan kitchen set sudah mulai pudar. Hal ini untuk membuat warnanya kembali seperti semula. Untuk pemolesan dapat Anda lakukan sendiri ataupun diserahkan kepada ahlinya.

Itulah tadi cara membuat kitchen set sendiri dari triplek dengan mudah. Untuk memudahkan Anda memulai, sebaiknya siapkan peralatan dan bahan yang digunakan agar tidak kesulitan saat memulai membuat. Cara merawat juga penting untuk diperhatikan mengingat bahan yang digunakan adalah triplek yang mudah mengalami penuruna kualitas karena kondisi cuaca dan serangga.