Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Mengintip Cara Membuat Pupuk Organik dengan Mudah dan ramah Lingkungan

Membuat pupuk organik merupakan suatu perkara yang simpel untuk anda terapkan sendiri di rumah, terlebih jika anda pada basicnya suka berkebun di halaman maupun pekarangan. Cara membuat pupuk organik pun juga sangat mudah, dengan memanfaatkan kotoran dan sampah rumah tangga yang tidak terpakai. Lebih lanjut, yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Pupuk dari Kotoran Ternak

Cara membuat pupuk dari sampah organik sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan berbagai bahan seperti kotoran ternak seperti sapi, kerbau, atau pun kambing dengan takaran kurang lebih sekitar 2 ton. Selain kotoran ternak, anda juga harus menyiapkan jerami yang sudah dicacah dengan panjang kurang lebih 10 meter. Kemudian jangan lupa untuk menyiapkan air secukupnya.

Tidak hanya itu, anda juga harus mempersiapkan sekam yang sudah dibakar yang nantinya berguna untuk menetralisir kandungan air pada pupuk. EM4 dan gula pasir sekitar 5 sendok makan, dan juga bubuk gergaji. Pada pembuatan pupuk ini anda juga bisa menambahkan dedaunan serta berbagai macam bahan organik lainnya, supaya pupuk yang dihasilkan lebih bagus.

Langkah pertama cara membuat pupuk organik yaitu dengan menyiapkan tempat yang tidak langsung terpapar matahari dan hujan. Kemudian anda terlebih dahulu membuat larutan dekomposer dengan melarutkan EM4 dan gula dalam air. Untuk lapisan pertama terdiri dari campuran kotoran ternak dengan arang sekam yang dicampur dengan rata bersama dengan dekomposer.

Lapisan kedua terdiri dari jerami, serbuk gergaji, dan bahan organik lainnya yang dicampurkan dengan larutan dekomposer. Setelah itu anda harus menutup media tersebut dengan rapat. Anda juga perlu melakukan checking dan mengaduk adonan setiap pagi dan sore. Dan jika jari anda terasa panas di dalam adonan, maka dapat dipastikan pupuk belum siap untuk digunakan.

Cara Membuat Pupuk dari Sampah Rumah Tangga

Jika anda lebih tertarik membuat pupuk dari sampah rumah tangga, maka bahan yang ditubuhkan yaitu tanah, air dan sampah rumah tangga yang terdiri dari dedaunan dan sisa makanan itu sendiri. Cara untuk membuat pupuk organik dimulai dengan menyiapkan wadah besar dengan tutup yang rapat, yang bisa anda peroleh dengan cepat menggunakan jasa pengiriman ekspedisi Makassar.

Wadah yang sudah disiapkan di isi dengan kumpulan sampah organikĀ  dan di campur dengan tanah secukupnya. Ketebalannya adonan tersebut bisa disesuaikan dengan besarnya wadah dan banyaknya bahan yang digunakan. Setelah semua tercampur, langkah selanjutnya yaitu menyiram permukaan tanah dengan air.

Setelah selesai proses penyiraman, maka langkah selanjutnya yaitu melapisi adonan pada wadah dengan sampah organik. Dan disusul dengan lapisan tanah yang berguna sebagai penutup sampah. Usahakan antara ketebalan tanah dan sampah seimbang yaitu 1:1. Setelah semuanya selesai, proses selanjutnya yaitu dengan menutup wadah dengan rapat dan tunggu sekitar 3 minggu.

Dalam jangka waktu tersebut, diharapkan jangan membuka tutup adonan secara terus menerus. Karena hal tersebut dapat merusak kandungan yang ada di dalam adonan yang dibuat. Jika sudah sekitar 3 minggu pupuk bisa digunakan. Cukup mudah bukan cara membuat pupuk ini di rumah? akan tetapi anda tetap harus memperhatikan takaran saat ingin menggunakannya

Itulah gambaran singkat mengenai tata cara dalam membuat pupuk di rumah dengan bahan yang sangat mudah di temukan. Dari pada bahan- bahan organik tersebut dibuang, alangkah baiknya jika anda manfaatkan dengan membuat puuk. Selain itu bagi peternak hewan, jangan langsung membuang kotorannya karena jika diolah dengan benar akan memberikan banyak manfaat.