Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Cara Menghapus Halaman Kosong di Word Macbook Dengan Mudah

Pada saat pembuatan suatu dokumen, seperti pembuatan skripsi tugas akhir, proposal, dan sebagainya, pasti Anda sering dihadapkan pada permasalahan halaman kosong yang tidak terpakai. Ini tentu saja sangat menanggu.  Namun Anda bisa mengatasinya dengan menghapus halaman blank di word.

Penyebab Kemunculan Halaman Kosong

Halaman kosong dapat muncul di tengah ataupun akhir dokumen Anda. Hal ini dapat terjadi salah satunya karena Anda pernah mengaktifkan fitur Page Break atau pembagi halaman. Ketika Anda menggunakn fitur tersebut, konten baru akan secara otomatis masuk ke halaman baru.

Jika terjadi masalah seperti ini Anda perlu menghapus halaman kosong tersebu. Hal ini  karena jelas sangat  mengganggu dan bisa  membuat jumlah halaman serta nomor halaman menjadi berlebih.

Pengoperasian Word baik yang terdapat dalam sistem operasi Windows maupun macOS sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja, terdapat beberapa fitur yang terdapat di Windows namun tidak pada macOs dan begitu juga sebaliknya.

Sangat Simpel, Berikut Cara menghapus alaman koKsong di Word Macbook

Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk menghapus halaman kosong di Word pada Macbook Anda, yaitu:

  1. Gunakan tombol Backspace pada keyboard untuk cara manual.

Cara ini dapat dibilang sebagai cara yang paling sederhana karena Anda tidak perlu melangkah ke menu apapun. Anda cukup mengklik dua kali pada bagian atas dari paragraf tulisan Anda setelah halaman kosong.

Selanjutnya Anda hanya perlu menekan tombol backspace yang akan menghapus spasi ke atas. Lalu Anda hanya perlu menyesuaikan spasi antar paragraf. Namun ada hal yang perlu Anda perhatikan yaitu  cara ini  hanya dapat digunakan ketika  Anda tidak mengaktikan fitur Page Break pada halaman kosong tersebut.

  1. Tekan tombol Command + angka 8.

 Cara ini dapat Anda lakukan ketika fitur page break diaktifkan sehingga Anda tidak dapat menjalankan langkah manual seperti cara  pertama yang sudah disebutkan.  Anda hanya perlu menekan tombol Command + 8 pada keyboard.  Selanjutnya Page Break akan muncul pada jendela. Anda hanya perlu melakukan blocking pada bagian tersebut dan setelah itu  menghapusnya. Anda dapat menjalankan langkah yang sama pada halaman kosong lainnya.

  1. Hapus melalui Navigation Pane.

Ada juga bisa menggunakan Navigation Pane. Caranya mudah, pada tab View, Anda perlu mencentang Navigation Pane. Selanjutnya pada sisi kiri akan muncul thumbnail dari semua halaman pada dokumen Anda.

Klik Page lalu Anda tinggal mencari mana halaman kosong yang ingin Anda hapus. Selanjutnya setelah mengklik halaman tersebut, Anda harus menekan tombol backspace atau delete pada keyboard Anda. Jika Anda ingin menghapus halaman terakhir ketika Anda akan menyimpan dalam format PDF, Anda dapat melakukan beberapa cara  berikut ini, yaitu:

  1. Pilihlah File dan setelah itu Save As
  2. Pilih format atau ekstensi PDF yang terdapat pada bagian Save as Type.
  3. Pilih opso Options
  4. Pada menu Page Range, pilih Page.
  5. Masukkan angka 1 sampai nomor halaman sebelum halaman kosong yang Anda ingin anda hapus
  6. Klik OK dan Save.
  7. Halaman akan terhapus secara otomatis. Dokumen yang tersimpan dalam format PDF tersebut merupakan dokumen yang halaman terakhirnya telah dihapus.

Beberapa penjelasan mengenai cara untuk menghapus halaman kosong di Word Macbook  bisa Anda lakukan saat mengalami kendala tersebut. Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan. Sebelum mengakhiri proses penyuntingan, Anda harus memastikan bahwa semua halaman kosong telah terhapus semuanya, kecuali jika memang Anda memerlukannya. Semoga bermanfaat.