Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Merubah Kebiasaan Hidup

Mata adalah organ kecil tetapi memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan kita. Mata memiliki fungsi melihat, menerima gambar, warna, gerakan dan kemudian mentransfer ke otak untuk menyimpan dan memproses informasi.

Dalam kehidupan modern dengan perkembangan dunia teknologi, munculnya perangkat pintar memiliki dampak yang signifikan terhadap mata dan penglihatan manusia.

Apa yang harus dilakukan untuk melindungi mata secara efektif? Yuk cari tahu lewat artikel cara menjaga kesehatan mata dengan merubah kebiasaan berikut :

Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Merubah Kebiasaan Hidup

1. Makan makanan yang baik untuk kesehatan mata

Studi menunjukkan bahwa diet sehat tidak hanya membantu Anda memiliki mata yang sehat, meningkatkan penglihatan, tetapi juga membantu mencegah penyakit mata seperti katarak, kornea kering, dan lainnya. Kelompok makanan utama untuk mata:

  • Vitamin A

Vitamin A menghasilkan pigmen di retina mata, meningkatkan penglihatan manusia dalam kondisi cahaya rendah. Vitamin A berlimpah dalam makanan berikut: Hati, telur, susu, minyak ikan, pepaya, wortel, gac, ubi jalar, sayuran hijau tua, …

Karena vitamin A adalah zat yang larut dalam lemak, untuk dapat menyerap vitamin A secara efektif, para ahli merekomendasikan agar orang menambahkan sedikit lemak selama pemrosesan makanan yang mengandung vitamin A. Sebaiknya tidak mengonsumsi tablet vitamin A dengan kopi, stimulan, . ..

  • Vitamin C

Mirip dengan vitamin A, vitamin C juga berperan protektif pada mata seperti: Mencegah mata kering, mencegah penyakit ulkus kornea, gangguan penglihatan. Selain itu, suplementasi vitamin C yang cukup juga membantu mencegah ketegangan mata saat bekerja dengan intensitas tinggi, banyak menggunakan komputer dan ponsel.

Vitamin C ditemukan dalam banyak buah-buahan seperti jeruk, lemon, grapefruits, nanas, jambu biji, …

  • Seng

Sebagai antioksidan dan terlibat dalam pembentukan pigmen visual, seng membantu mencegah penyakit fundus, degenerasi makula pada orang tua. Seng ditemukan dalam kacang-kacangan, sereal, yogurt, kuning telur, …

Ada juga kelompok zat penting lainnya seperti: Vitamin E, Vitamin K, Omega-3, Lutein, Zeaxanthin, …

2. Rilekskan mata

Ini adalah cara menjaga kesehatan mata terbaik. Setelah setiap 30 menit bekerja di depan komputer, Anda harus melihat objek yang jauh atau menutup mata untuk bersantai.

Selain itu, mengompres mata dengan kantong teh atau menggosok telapak tangan Anda dengan panas dan kemudian meletakkannya di atas mata Anda juga membantu Anda untuk secara efektif meningkatkan kelelahan mata.

A. Beberapa latihan untuk merilekskan mata Anda

  • Putar mata Anda dari kiri ke kanan dan sebaliknya
  • Putar mata Anda dari atas ke bawah dan sebaliknya
  • Putar mata Anda secara diagonal
  • Mata berputar
  • Lihatlah titik di antara alis
  • Lihat ke arah ujung hidung
  • Tutup matamu dan rileks

Setiap gerakan yang bisa Anda ulangi 5-10 kali, membantu mengendurkan otot mata dan melancarkan peredaran darah untuk menyehatkan mata.

B. Cara memijat area mata

Tutup mata Anda dan gunakan ujung jari Anda untuk menggosok kelopak mata dengan lembut dengan gerakan melingkar seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Menekan beberapa titik di alis, sudut mata, sudut mata-hidung,  akan membuat mata Anda sangat nyaman setelah jam kerja yang menegangkan.

3. Gunakan pelindung mata

Baik sumber cahaya alami maupun buatan mengandung sinar yang berbahaya bagi mata Anda. Paparan cahaya biru dari komputer dan ponsel dalam waktu lama meningkatkan risiko degenerasi makula, ketegangan mata, sakit kepala, dan bahkan dapat menyebabkan gangguan tidur.

Jenis sinar lain yang juga mempengaruhi mata Anda adalah sinar ultraviolet. Jenis sinar ini dapat menyebabkan luka bakar mata jika berdiri di bawah sinar matahari dalam waktu lama tanpa perlindungan topi, kacamata hitam. Kerusakan jangka panjang dari sinar UV adalah katarak.

Saat ini, ada banyak jenis kacamata tahan sinar biru dan UV di pasaran. Kacamata ini membantu melindungi mata dari sinar berbahaya.

Namun, untuk mendapatkan produk berkualitas, orang harus pergi ke tempat yang memiliki reputasi baik untuk pemotongan kaca dan saran khusus.

Beberapa kacamata hitam murah dan berkualitas buruk tidak hanya tidak menghalangi sinar UV, tetapi juga berbahaya bagi mata.

4. Duduk dengan postur yang benar saat menggunakan komputer

Ini adalah cara menjaga kesehatan mata dalam mencegah kelainan refraksi pada mata. Selain itu, posisi duduk yang benar juga membantu Anda untuk tidak mengalami skoliosis kifosis, sehingga menciptakan rasa nyaman saat bekerja.

Beberapa catatan berikut akan membantu Anda memiliki postur tubuh yang benar saat bekerja menggunakan komputer:

  • Jaga punggung Anda tetap lurus.
  • Siku membentuk sudut yang tepat saat Anda menggunakan keyboard.
  • Sesuaikan ketinggian kursi agar kaki berada pada posisi yang paling nyaman, hindari terlalu tinggi, terlalu rendah.
  • Pertahankan jarak 40-75cm dari mata Anda ke layar.
  • Layar komputer harus ditempatkan pada atau sedikit di bawah ketinggian mata.
  • Kecerahan layar nyaman untuk mata, menghindari terlalu gelap atau terlalu terang akan menyebabkan kelelahan mata.

5. Pemeriksaan mata rutin

Pemeriksaan mata rutin setiap 6 bulan membantu menyaring kesalahan refraksi dan penyakit mata. Beberapa penyakit mata berkembang secara diam-diam, yang melihatnya mungkin hanya melihat penglihatan kabur, sedikit silau, terkadang merasa sedikit tersangkut di mata atau melihat lalat.

Bila Anda memiliki tanda-tanda di atas, Anda harus segera menemui dokter mata untuk mengetahui kesehatan mata Anda dan memiliki rencana perawatan yang tepat.

6. Simpan lensa kontak Anda dengan benar

Pengenalan lensa kontak tidak hanya membantu memperbaiki kelainan refraksi mata tetapi juga memiliki arti estetis. Namun, menyimpan lensa kontak yang tidak tepat dapat menyebabkan infeksi mata. Bagaimana cara merawat lensa kontak?

Pertama, Anda perlu mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, lalu mengeringkannya. Anda harus mencuci kacamata dan pembersih lensa sesuai dengan petunjuk dari pabriknya.

Untuk kacamata yang dapat digunakan kembali, mencucinya dengan pembersih kaca baru dan menghindari larutan lama akan membantu mencegahnya menjadi kotor dan rusak. Anda harus mengganti baki setiap 2 bulan.

Selain itu, jika Anda memakai riasan, lepaskan sebelum melepas kacamata Anda. Ini akan membantu menjaga bahan kimia dari kosmetik agar tidak menempel pada lensa kontak Anda.

7. Selalu bersihkan tanganmu

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan selalu bersihkan tangan. Tangan kita bisa bersentuhan dengan banyak benda dalam sehari. Beberapa orang memiliki kebiasaan menggosok mata atau mengistirahatkan dagu, meletakkan tangan di wajah, yang dapat menyebarkan beberapa infeksi. Menjaga tangan tetap bersih juga merupakan cara tidak langsung untuk melindungi mata dari bakteri penyebab penyakit.

Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari, kita juga memiliki beberapa kebiasaan buruk seperti: Rutin menggosok mata, berbagi riasan mata dengan orang lain. Ini meningkatkan risiko infeksi mata. Menjaga kebiasaan sehat, melindungi mata dari kelainan refraksi, infeksi, dan menjaga keindahan mata sangat penting untuk kesehatan mata.

5 Makanan Yang Baik Untuk Mata Agar Mata Tetap Sehat

Cara menjaga kesehatan mata yang mudah adalah dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan mata. Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting, sehingga selalu membutuhkan perhatian dan perawatan khusus.

Selain pola hidup dan kerja yang wajar, perlu untuk menyediakan nutrisi harian yang cukup seperti vitamin A, C dan omega-3, … bersama dengan makanan yang baik untuk mata.

Harap secara teratur menggabungkan makanan berikut untuk membantu menjaga kesehatan mata Anda, mengurangi risiko penyakit seperti katarak , mata kering.

Menurut nutrisi modern, vitamin A, vitamin C, beta-Karoten, lutein, selenium sangat penting untuk mata:

  • Kaya vitamin A: hati hewan, telur, susu, ikan mas, daging bebek…
  • Kaya akan beta-karoten (yang akan diubah menjadi vitamin A saat masuk ke dalam tubuh): sayuran berwarna kuning jingga seperti pepaya, wortel, labu kuning. Sayuran berwarna hijau tua seperti brokoli, bayam, bayam, dll.
  • Kaya vitamin C (meningkatkan penglihatan, mengurangi risiko katarak): buah-buahan asam seperti lemon, jeruk bali, stroberi, tomat, bayam, kembang kol, sawi, adas, daun bawang, anggur, dan nanas.
  • Kaya vitamin E (mengurangi risiko katarak, antioksidan): minyak nabati seperti minyak kedelai, minyak kacang tanah, kacang-kacangan (biji labu dan biji melon)
  • Kaya lutein: jagung (jagung), bayam, telur, kangkung (membantu melindungi retina)
  • Kaya selenium: makanan laut, daging, telur, sereal, dan hati

1. Bayam, sayuran hijau

Untuk meningkatkan penglihatan, rutin makan bayam bersama sayuran hijau lainnya, seperti kangkung, sayuran hijau. Kandungan bayam termasuk lutein, zeaxanthin dan vitamin A baik untuk kesehatan mata kita.

Letein bermanfaat untuk melindungi mata dari sinar UV, vitamin A berfungsi melindungi kornea mata, dan zeaxanthin berfungsi untuk membantu perkembangan mata.  Cara terbaik untuk makan bayam adalah dengan minum segelas jus bayam segar setiap pagi sebelum sarapan.

2. Salmon

Mengkonsumsi iklan salmon dapat bermanfaat melindungi kornea mata dari kerusakan dan dapat mencegah kehilangan penglihatan. Dalam salmon terdapat asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat mencegah penyakit mata kering.

Asam lemak ini juga dapat membantu mencegah penyakit degenerasi makula yang berhubungan dengan usia. Untuk penyerapan asam omega-3 yang maksimal, makanlah salmon dua kali seminggu.

Selain ikan salmon, cara menjaga kesehatan mata lainnya. Kamu juga bisa mengkonsumsi ikan tuna, ikan sarden, dan ikan mackerel.

3. Wortel

Siapa yang tidak mengenal khasiat wortel yang baik untuk kesehatan mata kita. Karena di dalam wortel terdapat kandungan vitamin A, beta karoten dan prekursor. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk mencegah rabun senja, meningkatkan kesehatan korena mata serta melindungi sel pada mata.

Sedangkan kandungan lutein pada wortel juga dapat meningkatkan kepadatan pigmen pada retina, sehingga dapat membantu mengurangi resiko terjadinya degenerasi makula.

4. Blueberry

Blueberry mendukung kesehatan mata melalui antioksidan, anti-inflamasi, penstabil kolagen, perlindungan pembuluh darah.

Jika kita rutin mengkonsumsi blueberry dapat meningkatkan kesehatan mata dan pembuluh darah pada bagian belakang mata jadi lebih kuat.

Di dalam blueberry juga terdapat kandungan anthocyanin yang bermanfaat untuk menurunkan tekandan darah dan peradangan. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya penyumbatan di arteri yang mengirimkan oksigen ke retina mata.

5. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung vitamin A dalam jumlah yang baik, nutrisi mata yang penting. Kandungan vitamin A pada ubi jalar dapat meningkatkan penglihatan mata kita dan juga mencegah beberapa penyakit mata lainnya seperti flaukoma, degenerasi makula dan katarak.

Selain itu kandungan vitamin A juga sangat bermanfaat untuk melindungi mata dari infeksi virus atau bakteri dan bermanfaat untuk membatasi mata kering.

Tapi jika saat ini mata kamu mengalami rabun jauh atau rabun dekat, maka pengobatan terefektif adalah dengan operasi lasik di National Lasik Center .