Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Cara Menulis Artikel yang Baik Dan Benar  

Artikel merupakan salah satu karya tulis yang diplublikasikan. Biasanya Anda dapat karya tulis ini di berbagai media cetak seperti Koran, majalah, dan lain sebagainya. Selain itu, karena saat ini dunia teknologi semakin maju menjadikan Anda dapat menjumpai artikel ini di berbagai aplikasi dan website. Misalnya Anda dapat menjumpai contoh artikel di google, dan berbagai aplikasi lainnya.

Setiap orang berhak menulis sebuah artikel untuk mengemukakan pandangan mereka terhadap suatu hal. Asalkan pandangan tersebut bersikap logis dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, berbeda dengan berita, teks artikel tidak mengaitkan isi tulisan dengan sumber berita. Sehingga informasi yang ada di dalam artikel tidak akan basi.

Sementara itu, dalam menulis artikel yang menarik dan berkualitas bukanlah hal yang mudah. Memang setiap orang memiliki dasar kemampuan untuk menulis. Namun tidak semuanya mengetahui cara menulis artikel yang baik dan benar. Sebab, dalam menulis artikel perlu berlatih dan memiliki wawasan serta pandangan yang luas.

Hal ini dilakukan agar penulis artikel  dapat memunculkan ide-ide kreatif untuk dituangkan ke dalam sebuah kata atau kalimat. Lantas bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar? Guna menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini beberapa langkah atau cara yang perlu Anda lakukan untuk membuat artikel yang baik dan benar:

  • Memilih topik

Cara pertama dalam menulis artikel yang baik dan benar adalah dengan menentukan topik atau tema. Dalam membuat artikel, pastikan Anda sudah menentukan tema yang sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, usahakan untuk mencari tema yang mudah dipahamai oleh masyarakat luas. Namun, bagi Anda para pemula pasti merasa sulit untuk menentukan tema bukan?

 

Nah, agar mudah menentukan tema, Anda dapat melakukan observasi atau penelitian terlebih dahulu. Anda dapat mencari contoh artikel yang ingin Anda buat melalui google atau aplikasi lainnya. Hal ini tentunya menjadi salah satu cara efektif agar artikel yang nantinya Anda tulis memiliki dasar atau landasan. Selain itu juga dapat menarik minta banyak orang.

 

  • Tentukan angle atau sudut pandang

Setelah Anda menentukan topik atau tema, langkah selanjutnya yaitu menentukan sudut pandang dalam artikel. Sudut pandang ini juga sering disebut sebagai angle. Menentukan angle dalam sebuah artikel ini sangat penting dilakukan. Sebab, angle inilah yang membuat artikel Anda berbeda dengan artikel orang lain.

 

Selain itu, memilih angle atau suduh pandang merupakan kunci cara menulis artikel yang memudahkan penentuan judul. Dalam menentukan angle juga tidak boleh sembarangan. Dalam menantukan angle harulah ditulis dengan jelas, jernih, dan taja,. Rumus yang bisa digunakan angle adalah unsur 5W + 1H (What, When, How, Where, Why + How)

 

 

  • Menentukan judul

Langkah selanjutnya yaitu menentukan judul. Dalam menentukan judul, buatlah judul yang sesuai dengan topik atau tema yang diinginkan. Meski judul ini bisa dibuat di akhir penulisan, namun sebenarnya judul di awal dapat mengarahkan Anda para penulis untuk tidak melenceng dari topik.

 

  • Mengumpulkan bahas artikel

Langkah selanjutnya dalam menulis artikel yaitu mengumpulkan bahan. Penulis biasanya menggunakan tiga hal untuk mengumpulkan bahan. Ketiga hal tersebut ialah riset, observasi, dan wawancara. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga hal tersebut atau Anda juga bisa memadukan ketiga hal tersebut di dalam artikel yang nantinya akan Anda buat.

 

  • Menyusun kerangka tulisan

Apabila bahan sudah dirasa cukup dan matang, Anda bisa melanjutkannya dengan menyusun kerangka tulisan.Langkah ini merupakan langkah yang tidak boleh terlewatkan. Sebab, hal ini dilakukan agar  tulisan yang nantinya Anda buat bisa tersusun secara sistematis. Biasanya kerangka tulisan ini dibuat sebagai perencanaan garis besar dan poin penting yang ingin diinformasikan.

 

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menulis kerangka tulisa. Beberapa hal tersebut seperti analisis masalah, teori, dan hasil penelitian. Selain itu, untuk menempatkan isi dari artikel, Anda dapat menambahkan sub judul. Sub judul ini nantinya akan memudagkan Anda menjabarkan suatu informasi. Selain itu, sub judul ini juga memudahkan pembaca dalam memahami informasi yang disampaikan oleh penulis.

 

  • Mengolah tulisan

Langkah ini merupakan salah satu paling penting dalam membuat artikel. Setelah Anda menentukan topik, sudut pandang, dan lain sebagainya, tibalah saatnya Anda untuk mengolah semua yang Anda dapatkan ke dalam sebuah tulisan. Terdapat beberapa cara untuk mengolah tulis yang baik. Pertama, Anda harus menentukan gara kepenulisan.

Hal ini bisa Anda dengan banyak membaca tulisan orang lain. Kedua, memperhatikan tanda baca dan kalimat. Terakhir, hindari penggunaan kata yang sama di dalam satu paragraf. Namun jika Anda terpaksa menuliskan kata yang sama, maka carilah padanan kata yang sama tersebut. Anda juga dapat menggunakan KBBI jika diperlukan.

 

  • Menyusun paragraf pembuka

Buatlah paragraf atau kalimat pembuka yang menarik. Kalimat pembuka yang baik dan membuat pembaca melanjtkan untuk membaca artikel Anda hingga selesai. Selain itu buatlah paragaraf pembuka yang dapat menerangkan isi artikel. Sebab, paragaraf pembuka ini akan menentukan apakah artikel yang Anda buat memiliki informasi yang dibutuhkan pembaca atau tidak.

 

Anda dapat membuat paragraph pembuka yang terdiri dari 2-3 kalimat, namun jagalah agar kalimat tersebut tidak terlalu panjang. Sertakan juga kata kunci dan inti bahasan artiekel Anda agar pembaca merasa bahwa artikel Anda sesuai dengan kebutuhan pembaca.

 

  • Menyusun paragraf agar enak di baca

Paragraf panjang yang padat dapat menghilangkan minat pembaca. Terutama jika para pembaca mengakses artikel Anda melalui telepon genggan dengan layar yang terbatas. Maka dari itu, sebisa mungkin bagi Anda untuk membuat paragraf maupun kalimat yang pendek. Anda dapat mencoba memisahkan satu paragraph paragraf panjang menjadi paragraf yang lebih singkat

 

Memecah satu paragraf panjang menjadikan lebih singkat akan memikat pembaca untuk menggali artikel Anda lebih dalam. Selain itu juga jangan lupa memberikan penghubung agar isi paragraf tetap berkesinambungan.

  • Tambahkan foto penunjang

Dalam membuat artikel tidak harus satu karya penuh dengan tulisan. Anda dapat memberikan sebuah  foto penunjang pada artikel yang sesuai dengan topik atau tema Anda. Anda tidak perlu khawatir jika munculnya gambar tersebut akan membuat artikel Anda terasa aneh. Sebab, banyak artikel saat ini yang menggunakan visual untuk memperjelas konsep tertentu.

 

Misalnya, sebuah artikel tentang membuat sebuah benda. Maka artikel tersebut tentunya akan memberikan gambaran bagaimana susunan membuat benda tersebut yang diikuti dengan deskripsi teks sebagai pelengkap atau penunjangnya. Hal tersebut tentunya semakin memudahkan pembaca dalam memahami  maksud dari artikel tersebut.

 

  • Gunakan heading

Setiap hari puluhan ribu artikel dari berbagai topik terbit untuk memikat pembaca.Pembaca bahkan belum tentu membuka artikel yang muncul di laman utamanya. Jadi, di sinilah heading berperan penting untuk menjual atikel Anda. Selain itu, heading ini juga sangat penting untuk pembaca. Sebab, heading ini berfungsi untuk menyusun level-level heading dan subheading pada website.

 

Heading juga mempermudah pembaca untuk memahami informasi dari artikel Anda. Sebab semua pengunjung website tidak selalu membaca semua text di dalam artikel Anda. Dalam sebuah bloh dengan manggunakan tag heading dapat mempermudah google dan mesin pencarian lainnya untuk mengindex tulisan Anda.

 

  • Baca dan perbaiki

Apabila Anda sudah selesai menulis, jangan langsung Anda publikasikan tulisan tersebut. Setelah Anda selesai menulis, Anda juga perlu melakukan editing. Hal ini bertujuan untuk memperkuat isi artikel dengan gaya bahasa tertentu namun tetap terlihat menarik. Dalam melakukan proses ini tidak boleh dilakukan sembarangan, terdapat beberapa syarat yang harus Anda ikuti.

Sementara itu, syarat editing yakni sebuah artikel harus memenuhi persyaratan media. Kemudian karya tulis tersebut juga harus enak dibaca dan serasa perlu untuk dibaca oleh para pembaca. Setelah itu, cek aspek kebahasaannya dan kesalahan penulisan. Nah, salah satu aspek terpenting dalam membuat artikel ialah menutup artikel dengan paragraf yang kuat.

 

Tutuplah paragraf yang dapat meyakinkan. Misalnya, Anda bisa menuliskan rangkuman singkat dari keseluruhan isi artikel tersebut. Selain itu, Anda juga meminta saran kepada pembaca jika menemukan kekurangan pada artikel yang Anda buat.

Nah setelah Anda mengetahui bagaimana cara untuk menulis artikel yang baik dan benar, Anda dapat membuat artikel yang sesuai dengan keinginan Anda. Pada dasarnya, artikel ini terbagi menjadi beragam jenis. Beberapa jenis dari artikel ini diantaranya adalah:

  • Narasi

Artikel narasi merupakan salah satu jenis artikel yang isinya menceritakan suatu rangkaian persitiwa secara sistematis.Biasanya pada sebuah artikel narasi memiliki tokoh, konflik dan penyelesaian masalah.Beberapa karya tulis yang masuk ke dalam artikel narasi yaitu biografi.

 

  • Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan sebuah artikel yang bertujuan dalam hal membuktikan suatu kebenarnya mengenai sebuah pendapat dengan memberikan bukti serta fakta yang dapat dijadikan sebagai suatu alasan. Pada artikel argumentasi sendiri terdapat banyak tulisan yang mengandung opini.

 

  • Persuasi

Artikel persuasi merupakan sebuah artikel yang bertujuan untuk mempengaruhi para pembacanya. Sehingga para pembaca memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu sesuai anjuran dari Anda para penulis. Beberapa karya tulis yang masuk ke dalam artikel persuasi adalah artikel tentang bahaya narkoba

 

  • Eksposisi

Artikel eksposisi merupakan sebuah artikel yang isinya menjelaskan serta memberikan informasi mengenai suatu hal yang dapat menambah informasi ataupun wawasan pembacanya. Di dalam artikel eksposisi sendiri biasanya dilengkapi gambar dan pendukung lainnya.

 

  • Deskripsi

Artikel deskripsi merupakan sebuah artikel yang isinya merupakan sebuah karangan yang dapat menggambarkan suatu hal kepada pembaca. Sehingga para pembaca seperti dapat merasakan dan juga melihat isi pada artikel deskripsi.

Demikian jenis-jenis artikel yang dapat Anda ketahui. Dengan pengetahuan tentang cara membuat artikel dan jenis-jenis artikel cukup menjadi bekal Anda dalam membuat artikel yang baik dan berkualitas. Dalam membuat artikel, Anda dapat menulis karya tukis ini dengan bahasa formal ataupun tidak formal. Hal ini tergantung atas topik yang Anda buat.

Satu hal yang perlu Anda ingat dalam membuat artikel, yakni buatlah artikel secara ringkas, padat, dan jelas agar pembaca mudah memahami isinya. Selain itu artikel yang ringkas, padat, dan jelas tidak akan membuat pembaca bosan dalam membaca artikel Anda.