Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Cara Pasang Pompa Air Sumur Dangkal

Keberadaan pompa air menjadi salah satu alat yang dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat. Nah, dengan adanya pompa air berguna untuk menyedot air pada sumur. Air menjadi poin penting untuk memenuhi kebutuhan hidup semua maklhuk hidup. Lantas bagaimana cara pasang pompa air sumur dangkal?

Adanya pompa air ini berfungsi untuk menyerap dan memindahkan air dari sumber air di bawah tanah sampai ke penampungan. Setiap rumah pasti sudah dilengkapi dengan pompa air karena keberadaannya memang sangat diperlukan.

Sesuai kebutuhannya, saat ini sudah banyak jenis pompa air seperti pompa air sumur dangkal, pompa sumur biasa, jet pump, semi jet pump, dan lainnya. melihat pentingnya keberadaan pompa air, kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara pasang pompa air sumur dangkal dengan benar.

Menyediakan alat-alat yang dibutuhkan

Sebelum melakukan pemasangan pompa air sumur ada beberapa alat yang dibutuhkan untuk proses pemasangan lebih mudah. Berikut alat-alat yang dibutuhkan:

  1. Tang pemotong untuk memotong kabel yang terhubung pada stop kontak
  2. Isolasi untuk membungkus kabel
  3. Pengunci pipa
  4. Gergaji pipa
  5. Menyiapkan bahan yang dibutuhkan

Setelah menyiapkan alat, silahkan menyiapkan bahan yang dibutuhkan untuk memasang pompa air. Berikut ini bahan yang dibutuhkan :

  • Menyiapkan pompa air khusus untuk sumur dangkal
  • Menyiapkan pipa PVC dengan ukuran ½ atau 1 ¾ dengan menyesuaikan kedalaman sumur. Disarankan untuk menggunakan ½ pipa dorong dan pipa PVC ¾ pipa hisap agar hasil dorongan dan hisapannya lebih optimal. Pastikan membeli pipa yang terbaik dan berkualitas agar lebih tahan lama.

Planes

Planes merupakan jenis fiting pipa PVC yang berfungsi sebagai penghubung pompa air dengan sok drat bagian luar. Kalau untuk pemasangan pompa air sumur dangkal kamu tidak perlu bingung planes karena sudah tersedia.

Berbeda kalau kamu membeli pompa air bekas maka belum ada plenesnya. Jadi kamu bisa membeli plenes dengan ukuran 1 inch, menyiapkan baud 12 (2 biji), dan karet plenes.

Shock drat

Jangan lupa menyiapkan shock drat sebagai penghubung antara drat dan pipa. Jadi untuk pasang pompa air sumur dangkal, kamu membutuhkan sok drat luar (SDL). Kamu bisa sesuaikan ukuran drat dengan ukuran pipa yang dipakai.

Keni atau elbow

Knee atau keni ini berfungsi sebagai penghubung pipa yang dibengkokkan. Ukuran keni ini bisa kamu sesuaikan dengan ukuran pipanya.

Knee drat dalam

Kamu nantinya akan membutuhkan knee drat dalam agar bengkokan bisa dibuka. Sehingga dengan begitu proses pemasangan dan membuka pipa lebih mudah.

Tusen klep

Alat ini biasanya digunakan untuk otomatis air. Jadi nantinya tusen klep ini akan tersimpan pada bagian bawah pipa penghisap. Hal ini bertujuan untuk menahan air agar tidak kembali ke sumber air.

Saat pemasangan pipa jangan lupa untuk menggunakan lem pipa yang berkualitas agar hasilnya lebih bagus dan tidak ada kebocoran. Walau menggunakan sumur dangkal, pastikan kamu menggunakan filter air agar air yang keluar terjamin kebersihannya dan tetap jernih.

Saat ini sudah banyak yang jual filter air sumur tabung dengan kualitas terbaik. Jadi kamu bisa memasangnya agar sumber air di rumah tidak keruh, kuning, bahkan berbau. Nah, dengan demikian air di sumur rumah akan selalu terjamin kualitasnya.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara pasang pompa air sumur dangkal dengan benar. Selain itu jangan lupa untuk memasang filter air sumur tabung agar sumber airnya tetap terjaga kualitasnya. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan tentang pemasangan pompa air sumur dangkal.