Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Cara Setting Speaker di Komputer Windows 7 Pasca Upgrade Windows XP

Windows 7 sebenarnya menarik digunakan sebagai software komputer. Untuk setting perlengkapannya pun tergolong mudah, termasuk jika sudah mengalami upgrade ke Windows XP. Cara setting speaker di komputer Windows 7 yang sudah diupgrade bisa dilakukan dalam beberapa langkah.

Sebelum membahas cara pengaturannya, Anda harus mengenal tampilan upgrade sistem operasi ini. Selain lebih sederhana, perbedaannya juga tidak begitu terasa berarti sehingga operasionalnya sederhana. Simak cara setting speaker di komputer windows 7 yang sudah diupgrade ke Windows XP berikut.

Ragam Cara Setting Speaker di Komputer Windows 7 yang Sudah Diupgrade

Agar speaker bisa bekerja secara baik dan benar, pengaturannya pun harus tepat. Hal ini berguna agar suara yang dihasilkan juga tidak bermasalah untuk jangka panjang. Simak ulasannya berikut ini.

  1. Pasang Souncard dan Jack Audio

Soundcard atau kartu suara berguna sebagai pengolah data audio dan suara. Data yang dioleh ini kemudian akan dikeluarkan dalam bentuk speaker. Bentuknya bisa berupa dedicated soundcard maupun onboard.

Periksa soundcard pada komputer Anda. Pastikan Anda sudah memasangnya dengan benar. Periksa pula motherboard sehingga bisa terpasang dengan benar. Pastikan hardware dan soundcard lainnya sudah kompatibel satu sama lain.

  1. Setting BIOS

BIOS atau Basic Input Output System berguna untuk mengatur perangkat keras termasuk speaker. BIOS ini akan bekerja pada saat komputer dinyalakan. Umumnya inisialisasi hardware yang digunakan akan dilakukan secara otomatis.

Untuk mengaksesnya, tekan tombol Delete serta F2 bersama-sama. Akan tetapi beberapa merk komputer memiliki settingan berbeda. Setelah bisa masuk ke mode BIOS, langsung setting speaker agar terkoneksi dengan komputer.

  1. Updare Driver Sound

Jika sudah diinstal ke Windows XP, biasanya versi driver akan berpengaruh. Jika hal ini terjadi, maka driver memang sudah tidak kompatibel lagi. Unduh driver sound kemudian pasang ke komputer. Umumnya driver sound yang digunakan adalah Realtek Audio Driver.

  1. Periksa Jumper Sound

Memeriksa Jumper Sound merupakan langkah akhir apabila speaker belum aktif, padahal segala cara sudah dicoba. Lepaskan terlebih dahulu front jack audio. Setelah itu pasang perangkat tersebut pada motherboard.

Jumper ini berguna sebagai konektor. Jumper ini berguna menghubungkan CPU dengan sejumlah hardware lainnya. Mulai dari Hard disk, VGA, hingga soundcard. Jumper sound terdiri atas 10 pin.

Mengaktifkan Speaker untuk Windows 7

Jika komputer Anda belum diupgrade ke Windows XP, Anda bisa tetap mengaktifkan speakernya. Untuk langkah-langkah yang dilakukan sebenarnya tidak begitu rumit. Simak penjelasannya berikut ini untuk cara setting speaker di komputer windows 7.

  • Install aplikasi khusus suara. Aplikasi yang umumnya digunakan adalah Realtek Audio Driver. Aplikasi ini bisa diperoleh secara bebas di internet. Untuk Windows 7 sampai 10 pun biasanya menggunakan Realtek Audio Driver.
  • Untuk menginstall aplikasi tersebut cukup mengikuti petunjuk saja. Apabila ada perintah restart atau shut down, lebih baik dilewati terlebih dahulu.
  • Cek audio di menu Control Panel. Cari file “RAVCpl64” setelah itu buka file tersebut.
  • Cari ikon bergambar folder di kanan. Setelah itu akan muncul kotak petunjuk bertuliskan “Disable Front Panel Jack Detection”. Centang kolomnya dan tekan OK.
  • Speaker seharusnya sudah aktif dan bisa digunakan. Apabila belum aktif juga, cek tutorial servis lainnya untuk mengidentifikasi masalah lain

Cara setting speaker di komputer windows 7 maupun yang sudah diupgrade ke Windows XP sebenarnya mudah. Pastikan perangkat speaker kondisinya normal sehingga hasil akhirnya memuaskan.