Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Cara Tanam Sawi Hidroponik, Dijamin Lebih Menghemat Lahan

Dalam usaha untuk tetap sehat, seorang ibu harus memberi  keluarga makanan yang kaya akan kandungan gizi dari sayuran, salah satunya sawi. Sayuran ini kaya akan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Seian itu, cara penanamannya juga mudah. Dan jika anda ingin menanam sawi dengan lahan kecil bisa di coba dengan sistem hidroponik. Berikut cara tanam sawi dengan hidroponik.

Cara untuk Melakukan Tanam Sawi dengan Sistem Hidroponik

  1. Menyiapkan Media Tanam

Cara untuk menanam sawi dengan sistem hidroponik yang pertama yaitu dengan menyiapkan media tanam. Bahan yang biasanya digunakan diantaranya yaitu botol bekas, gunting, cutter, larutan nutrisi, styrofoam, dan yang terakhir pisau. Pertama, guntingan sumbu dan masukkan dalam botol bagian sumbu tersebut harus di kasih media tanam seperti sekam.

  1. Penanaman

Dalam penggunaannya sendiri sebenarnya sama saja dengan sistem lainnya. Akan tetapi untuk sistem hidroponik bagian tunas sawi bakal bakal di tempatkan di media liquid pada pipa hidroponik. Jika sudah, bibit sawi nanti akan ditempatkan pada media abu sekam, namun harus menyertakan media yang lama. Tujuan agar tanaman tidak stress jika harus beradaptasi dengan yang baru.

  1. Perawatan

Cara perawatan untuk menanam sawi hidroponik ini sangat mudah daripada dengan konvensional. Namun untuk cairan liquid pada media tanam harus terus diisi agar tumbuhan tetap ternutrisi. Umumnya untuk jenis pestisida yang ada dalam liquid bisa insektisida, fungisida atau untuk jamur dan yang lainnya.

Hal ini maka bisa ditarik kesimpulan. Bahwa ada 3 langkah atau cara yang bisa dilakukan untuk menanam sawi menggunakan sistem hidroponik. Dimulai dengan menyiapkan media tanam, proses penanaman, dan yang terakhir perawatan. Dengan mengikuti paham tersebut, maka dijamin hasil tanaman sawi hidroponik anda bakal lebih baik.