Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Ciri-Ciri Gunung Api Perisai

Gunung menjadi salah satu hal yang menarik untuk dibahas. Gunung merupakan sebuah benda alam yang sangat menakjubkan. Ada beberapa jenis gunung yang ada di seluruh dunia. Salah satunya adalah gunung perisai

Mengapa diberi nama gunung Perisai? Jawabannya adakah sebagai berikut ini. Yuk, simak penjelasannya ya.

Gunung api perisai atau yang disebut juga dengan gunung tameng adalah jenis gunung berapi yang mempunyai bentuk mirip dengan perisai. Bentuknya melebar dengan puncak yang  tidak terlalu tinggi. Jika dilihat sekilas mirip seperti perisau yang ditaruh di tanah.

Gunung api perisai ini berbeda dari jenis gunung yang lainnya yang mana bisa dilihat dari ketinggian puncak serta lerengnya. Gunung perisai ini mempunyai badan gunung yang luas dan lerengnya berbentuk landai. Bentuk gunung ini tercipta karena adanya magma yang keluar pada saat erupsi. Magma tersebut bersifat encer.

Akibat dari magma pijar ini menyebabkan magma tersebut mengalir dan juga menyebar ke beberapa wilayah. Gunung ini mempunyai sifat erupsi efusi. Hal ini karena letak dapur magmanya yang tidak dalam serta tekanan gas magmatik nya yang tidak kuat.

Di dunia ini, ada beberapa jenis gunung perisai. Gunung api perisai ini berada di Kepulauan Hawaii yaitu Gunung Mauna Loa, Kliauea, dan Mauna Kea. Jika di negara Indonesia belum ada jenis gunung Perisai ini.