Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Pengertian, Jenis, Unsur dan Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Ada banyak jenis-jenis karya seni rupa yang ada di sekitar kita. Namun, beberapa orang tidak sadar dan sering mengabaikannya. Salah satunya adalah karya seni rupa 3 dimensi. Sebuah karya seni dalam jenis apapun pasti memiliki fungsinya sendiri, apalagi karya seni yang dihasilkan membantu beberapa aktivitas manusia dan bisa juga dijadikan sarana hiburan dari hasil karya seni yang ada.

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi merupakan hasil karya seni yang memiliki Panjang, lebar, tinggi dan juga volume yang bisa dilihat dan dinikmati dari berbagai arah. Karya seni 3 dimensi ini juga sering disebut sebagai salah satu karya seni yang memiliki ruang. Sama dengan hasil karya seni 2 dimensi yang memiliki ruang, untuk hasil karya seni 3 dimensi juga memiliki beberapa unsur seperti garis, bidang, bentuk, dan juga warna. Hasil karya dari seni 3 dimensi ini juga akan jauh berbeda dengan beberapa jenis yang lainnya.

Unsur-Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

Sebelum mengetahui beberapa contoh dari karya seni rupa 3 dimensi, maka ketahuilah terlebih dahulu beberapa unsur yang ada dalam karya seni rupa 3 dimensi ini. Beberapa unsurnya adalah:


  • Bentuk

Untuk karya seni rupa 3 dimensi ini memiliki beberapa perbedaan daripada karya seni rupa yang lainnya. Untuk bentuknya sendiri ada 2 mulai dari bentuk formal dan juga bentuk non formal. Untuk bentuk formalnya, memiliki ukuran yang akan dibedakan sesuai dengan Namanya baik kubus, persegi Panjang, bulat, kerucut dan lainnya. Sedangakn bentuk no formal adalah bentuk yang akan berhubungan dengan volume barang.


  • Ruang

Untuk unsur ruangnya sendiri juga dibedakan Kembali menjadi 2 golongan baik ruang nyata dan juga ruang ilusi. Untuk ruang nyata adalah ruang yang memang bisa terlihat. Seperti ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga dan lainnya. Sedangkan untuk ruang ilusi sendiri adalah ruang yang hanya bisa dirasakan dengan beberapa khayalan atau imajinasi seperti ruangan yang ada pada gambar karena nyata adanya.


  • Tekstur

Karya seni rupa 3 dimensi juga memiliki tekstur. Untuk tekstur sendiri adalah kondisi permukaan maupun dasar lapisan dari benda yang ada di dalam sebuah karya seni rupa seperti tekstur yang halus, tekstur yang kasar, tekstur yang bergelombang, berongga dan lain sebagainya.


  • Warna

Unsur lain dalam karya seni rupa 3 dimensi adalah warna. Warna juga menjadi salah satu factor yang menampilkan keindahan bahkan kemewahan dari sebuah karya seni yang akan dihasilkan. Pada hampir setiap jenis karya seni tentu akan lebih menarik apabila memiliki warna-warna yang cantik dan indah.

Beberapa contoh dari karya seni rupa 3 dimensi sendiri adalah seni patung. Seni patung sendiri memang diciptakan menggunakan bahan yang bervolume seperti contohnya menggunakan batu, menggunakan tanah liat, menggunakan semen dan akan dibentuk atau bahkan dipahat sesuai dengan bentuk tertentu. Kemudian contoh lain adalah seni kriya atau seni hasil dari kerajinan tangan yang memiliki fungsi kegunaan seperti pembuatan poci, pembuatan vas bunga, pembuatan meja, pkembuatan kursi, pembuatan cangkir dan lain sebagainya.

Itulah pengertian dari seni rupa 3 dimensi, unsur seni rupa tiga dimensi dan juga Sebagian contoh dari karya seni rupa 3 dimensi. Untuk belajar tentang jenis-jenis karya seni, apa saja contohnya, apa saja fungsinya, sampai dengan unsur-unsurnya, maka Anda bisa mempelajarinya di Lahana media.