Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

7 Fakta Burung Elang Yang Wajib Diketahui

Artikel ini akan membahas fakta burung elang. Seperti diketahui, elang adalah burung istimewa, burung predator yang punya tampang gagah, dan karakter unik, simak selengkapnya berikut ini.

Fakta burung elang adalah burung yang istimewa. Punya banyak hal menakjubkan yang perlu digali. Mulai dari penglihatan yang tajam karakter, cara berburu dan banyak lagi.

Karena berbagai keistimewaan burung  elang kerap menjadi simbol kekuatan, kecepatan hingga simbol lambang negara. Dan inilah fakta burung elang yang dikutip dari Faunanesia.

1. Fakta burung elang, Penglihatan tajam

Fakta burung elang yang pertama adalah penglihatannya sangat tajam. Bahkan 8 kali lebih jernih dari penglihatan manusia. Burung elang dapat melihat mangsa dari jarak 100 kaki di udara dengan sangat jelas.

2. Fakta Burung Elang Kecepatan Terbang Luar biasa

Fakta burung elang yang kedua dalam daftar ini adalah kecepatan terbangnya sangat luar biasa. Burung elang dapat terbang dengan kecepatan 300/jam ketika memburu mangsa. Bahkan ketika migrasi, burung elang dapat terbang pindah antar benua.

3. Fakta Burung Elang Cakar dan Paruh Kuat Tajam

Fakta burung elang cakar dan paruhnya kuat dan sangat tajam. Dengan paruh dan cakar kuat dan tajam, dapat mengoyak daging mangsa dan mangsa susah melepaskan diri.

4. Fakta Burung Elang Setia dengan Pasangan

Fakta burung elang berikutnya adalah setia dengan pasangan. Burung elang umumnya hanya punya satu pasangan seumur hidup yang menemaninya. Kecuali jika pasangannya mati, elang akan cari pasangan lagi untuk berkembang biang.

5. Fakta Unik Burung Elang, Sarang Ada di tempat tinggi

Fakta burung elang berikutnya adalah membuat sarang digl tempat sangat tinggi untuk bertelur. Seperti di puncak gunung atau pohon pohon menjulang sehingga sulit dijangkau. Sarang ditempat tinggi ini tujuannya untuk menjaga anak anaknya dari gangguan serta melihat anaknya dapat terbang tinggi.

6. Fakta Burung Elang Umur Panjang

Fakta burung elang lainnya adalah bahwa burung ini dapat berumur panjang, dari 40 tahun hingga 70 tahun.  Namun untuk mencapai usia 70, burung elang harus melakukan perubahan menyakitkan selama setengah tahun. Yaitu berada di puncak gunung, mengganti paruh, kuku kuku dan bulu sayapnya menjadi baru supaya bisa kembali dapat berburu. Proses ini sangat menyakitkan.

7. Fakta Burung Elang  Melakukan Transformasi

Seperti dijelaskan sedikit diatas, bahwa untuk bertahan hidup hingga umur 70 tahun, burung elang harus melakukan transformasi menyakitkan. Yaitu mematuk matuk paruh tuanya yang tak lagi tajam hingga terlepas, sampai muncul paruh baru yang lebih tajam.

Kemudian setelah paruh baru tumbuh, digunakan untuk mencabuti satu persatu kuku kukunya hingga terkelupas semua. Kemudian barulah mencabuti bulu bulu sayap usangnya diganti bulu baru, supaya dapat kembali terbang.

Proses transformasi ini terjadi sekitar 150 hari atau lebih, dilakukan di puncak gunung. dan ini sangat menyakitkan.

Ketika proses transformasi atau perubahan menyakitkan ini selesai. Maka fisik burung elang pulih kembali dan diap menjadi raja angkasa lagi dan dapat hidup dalam umur panjang hingga 70 tahun.Namun jika memilih tak melakukan transformasi, burung elang hanya bertahan hidup paling lama sekitar 40 tahun.

Nah itulah tadi fakta burung elang yang sangat unik. Burung elang ini ternyata punya banyak sekali keistimewaan. Bahkan proses transformasi yang dilakukan dapat menjadi inspirasi manusia terkait melakukan perubahan perubahan penting dan menyakitkan dalam hidup supaya dapat bertahan hidup lebih lama dan mencapai harapan harapan.