Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Fungsi Hutan Lindung Bagi Makhluk Hidup

Hutan lindung merupakan sebuah hutan yang dilindungi keberadaannya dikarenakan manfaatnya yang besar dalam menjaga ekosistem di dalamnya. Hutan ini umumnya dikelola oleh pemerintah pusat, daerah atau para komunitas yang peduli lingkungan. Contohnya saja seperti hutan tutupan atau hutan larangan yang dikelola langsung oleh masyarakat adat setempat.

Fungsi Hutan Lindung Bagi Makhluk hidup

Wilayah hutan ini berada di dalam kawasan hutan produksi, hutan adat, hutan rakyat atau daerah yang terbatas pemukimannya. Hutan ini sendiri merupakan hutan luas yang dihuni jutaan ragam flora dan fauna. Berikut beberapa fungsinya:

  • Mencegah Erosi Longsor. Adanya hutan ini mampu meredam struktur tanah karena akar pohon berperan sebagai penahan.
  • Mencegah Banjir. Hutan yang lestari mampu menyerap air hujan agar tidak langsung turun ke bawah. Serta efektif menampung air sehingga tidak langsung ke pemukiman.
  • Menyuburkan Tanah. Berbagai bahan alami kering dan membusuk di tanah bermanfaat untuk menyuburkan tanah.
  • Habitat Flora dan Fauna. Hutan merupakan tempat alami bagi sebagian besar hewan di dunia.
  • Kawasan wisata dan Penelitian. Ada banyak hal yang belum terungkap dari berbagai flora dan fauna di dalam hutan. Inilah yang membuat banyak orang penasaran ingin melakukan banyak penelitian.

Selain itu, hutan lindung juga sebagai media menyimpan air tanah. Dimana kemampuan menyerap air di kawasan ini sangat besar. Sehingga ketika musim kemarau hutan tidak dalam kondisi kekeringan. Tidak pernah bosan untuk selalu mengingatkan pentingnya menjaga kelestarian hutan serta lingkungan sekitar.