Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Apa Saja Fungsi Kolagen? Simak Lebih Lengkap Mengenainya

Di tengahnya berbagai macam kontroversi mengenai kolagen mulai dari istilah sampai dengan fungsinya, faktanya, kolagen merupakan suatu protein yang terbuat dari asam amino. Jenis protein inilah yang dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki fungsi yang bermanfaat Berikut hal yang harus kamu ketahui mengenai faktor penurunan produksi kolagen sampai fungsinya.

Faktor-faktor Penurunan Produksi Kolagen

Kolagen merupakan protein yang diproduksi oleh tubuh secara alami dan dapat melambat seiring bertambahnya usia. Penurunan produksi kolagen inilah yang dapat menimbulkan cepatnya proses penuaan, seperti munculnya kerutan, kulit yang kendur, serta nyeri sendi.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan penurunan produksi kolagen pada tubuh, seperti mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi, merokok, paparan sinar matahari langsung, rendahnya asupan makanan berkolagen, kekurangan gizi, serta adanya masalah pencernaan.

2 Manfaat Kolagen bagi Tubuh

  1. Menyamarkan Kerutan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan berkolagen setiap hari selama 12 minggu mampu meningkatkan hidrasi pada kulit serta menurunkan kerutan kulit dibandingkan wanita lain yang tidak mengkonsumsi kolagen. Sebab, kolagen mampu menghaluskan kerutan yang berkaitan dengan kemampuannya untuk memproduksi lebih banyak kolagen.

  1. Elastisitas Kulit Meningkat

Kandungan kolagen tipe I memiliki peran penting dalam memberi struktur pada kulit. Jenis kolagen ini terbuat dari 90% kolagen alami dan serat padat. Kandungannya mampu menjaga kekenyalan atau elastisitas kulit, melembabkan kulit, serta mengurangi resiko peregangan kulit. Dengan inilah, kamu dapat terhindari dari kerutan atau keriput sejak dini.

  1. Membangun Massa dan Struktur Otot

Kolagen tipe III yang berfungsi sebagai pendukung struktur otot, organ tubuh, dan pembuluh darah juga bermanfaat untuk menambah massa otot. Hal ini mampu membantu seseorang yang menderita penyusunan otot. Di samping itu, kolagen juga mampu memperkuat pembuluh darah, menurunkan resiko penyakit jantung, dan meningkatkan sirkulasi.

3 Fungsi dari Kolagen bagi Tubuh

  1. Meningkatkan Kesehatan Rambut serta Kulit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa produksi kolagen dapat menurun karena bertambahnya usia. Untuk mencegahnya, kamu dapat meningkatkan asupan makanan yang berkolagen agar kulit terlihat lebih kencang serta mempermudah pembaruan sel kulit agar perbaikan terjadi secara normal.

Menurut studi penelitian, mengkonsumsi kolagen sebanyak 2,5 sampai 5 gram sekali sehari pada wanita yang berusia 35-55 tahun mampu meningkatkan elastisitas kulit, kelembapan kulit, menjaga kadar air pada kulit, serta mengatasi kekasaran pada kulit. Fungsi kolagen lainnya juga mampu mengurangi selulit. Apabila kolagen menurun, selulit menjadi lebih terlihat.

  1. Penurunan Nyeri Sendi

Penurunan kadar kolagen pada tubuh juga dapat menyebabkan kekakuan, sendi yang bengkak, dan lain-lainnya. Struktur kolagen seperti gel yang dapat melapisi serta menahan tulang. Kolagen mampu membantu pergerakan tanpa adanya rasa sakit yang dialami karena terjadinya proses penuaan serta mengurangi resiko kerusakan pada sendi.

  1. Memperbaiki Masalah Pencernaan

Penelitian telah menemukan bahwa asam amino dalam kolagen mampu membangun jaringan yang melapisi lambung dan usus. Dengan mengkonsumsi kolagen, gejala serta gangguan lambung dapat diatasi. Selain itu, kolagen juga mampu membantu dan mempermudah penyerapan air pada usus.

  1. Fungsi-fungsi lain

Selain fungsi-fungsi di atas, kolagen juga memiliki fungsi yang membawa banyak manfaat bagi tubuh. Antara lain, mampu meningkatkan metabolisme pada tubuh, massa otot, serta pembentukan energi. Terlebih lagi, ia juga mampu menetralkan racun yang ada pada tubuh dan menjaga kesehatan liver.

Demikian informasi mengenai kolagen mulai dari faktor penurunannya sampai dengan fungsinya. Kamu bisa menghindari faktor-faktor penyebab penurunan kadar kolagen pada tubuh di atas. Selain itu, kamu bisa mengkonsumsi asupan makanan berkolagen agar dapat merasakan dampak positifnya, seperti minuman kolagen misalnya.