Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Sebelum Beli, Yuk Cari Tahu Spesifikasi Dan Harga Motor RX King Bekas

Jumlah motor yang ada di indonesia jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan mobil. Jenis merekapun terbagi menjadi dua, yaitu matic dan manual. Tipe manual lebih banyak diminati oleh anak laki laki, karena dinilai lebih manly. Salah satu jenis motor yang populer adalah RX King. Di kesempatan kali ini, yuk cari tahu  spesifikasi dan harga motor RX King bekas.

Sejarah Singkat Munculnya RX King

Kemunculan motor RX King di Indonesia melalui sejarah yang cukup panjang. Motor gagah tersebut mulanya muncul sebagai motor impor, namun ternyata mampu menjelma sebagai salah satu motor legendaris di indonesia. Tidak dapat dipungkiri jika pesona motor tersebut mampu menyihir kebanyakan orang untuk memilikinya.

kendati demikian, saat ini motor tersebut dilabeli oleh sebutan negatif, yautu motor jambret. Sebutan tersebut muncul karena motor tersebut seringkali menjadi kendaran jambret yang beraksi di tahun 1980 hingga 190 an. Terlepas dari label tersebut, tidak ada yang salah dengan motor yang digunakan. Perilaku buruk penjambretan adalah kesalahan penuh dari pelaku yang melakukannya.

Kendaraan roda dua produksi dari yamaha ini memiliki banyak seri dan tipe. Dalam sejarah perkembangannya, RX Cobra adalah uang paling pertama. Motor tersebut berstatus impor dan memang diproduksi di jepang melalui berbagai riset. RX 100 muncul di pasaran sekitar tahun 1977 kemudian dilanjutkan dengan kedatangan RX 125 di tahun 1979.

Tak berselang lama, famili RX King berstatus impor semakin lengkap atas kehadiran RX 135 di tahun 1980. Desain kendaraan ini semakin dikembangkan, hingga akhirnya di tahun 1977 muncullah RX 100. Alasan motor tersebut sangat populer adalah masyarakat indonesia di kala itu sangat menyukai motor berpenampilan gagah yang irit dan kencang.

Urutan Generasi RX King

  1. RX Cobra

Generasi dari RX king yang pertama disebut dengan RX Cobra. Sepeda motor ini memiliki ciri khas bentuk setang dan tangkinya yang sekilas mirip ular. Yang menariknya lagi, mesin dua tak dari kendaraan itu masih diproduksi secara langsung dari jepang. Kode yang tersemat adalah Y1-Y2. Sementara itu, bagian rangkanya diproduksi di Indonesia.

Di awal kemunculannya ini, RX king memiliki peminat yang luas biasa. Alasan itu pula yang membuat tipe tersebut terus diperbaharui sehingga muncul RX king generasi kedua. Tanpa adanya generasi pertama, tidak akan ada generasi penerus yang lain. Keberadaan mereka menjadi ujung tombak populernya RX king di tanah air.

  1. RX King Master

Generasi kedua setelah RX Cobra adalah RX King Master. Kendaraan roda kedua iu muncul di tahun 1996. Perbedaan motor tersebut dengan series pertama terletak di bagian lampu, speedometer dan striping nya. Perbedaan tersebut membuat kendaraan terlihat lebih garang. Melalui perubahan tersebut, pamor RX King semakin memuncak.

Setiap pemuda di kala itu selalu menjadikan RX King sebagai sepeda motor impian. Apalagi di kala itu, belum banyak sepeda motor laki laki yang tampilannya semenarik itu. Apalagi wujudnya yang ramping membuat sepeda motor ini memiliki kecepatan yang tinggi. Jok tempat duduk nya pun di kala itu adalah yang paling nyaman, sehingga cocok untuk perjalanan jauh.

  1. New RX King

Generasi ketiga sekaligus generasi terakhir adalah New RX King. Sepeda motor tersebut diluncurkan di tahun 2007, dan menjadi generasi terbaru. Harga motor rx king bekas ini bisa jadi lebih terjangkau dibandingkan versi yang jauh lebih lawas. Sepeda tersebut memiliki bentuk lampu yang bulat. Mereka juga sudah dibekali dengan catalytic converter sehingga emisi karbonnya lebih sedikit.

Hingga saat ini, Yamaha sudah tidak membuat series baru, bahkan produksinya sudah dihentikan. Tidak dapat dipungkiri apabila persaingan kendaraan roda dua di Indonesia cukup ketat. Hampir setiap tahunnya selalu muncul sepeda tipe baru yang memiliki teknologi mutakhir. Melihat prosepskany yang meredup, keputusan tersebut pun akhirnya diambil.

Motor Legenda Incaran Kolektor

Kepopuleran RX King tidak dapat diabaikan begitu saja. Motor tersebut selalu terlihat menghiasi setiap kota di Indonesia. Biarpun memiliki sebutan negatif sebagai motor jambret, namun mereka menjadi incaran kolektor. Harganya pun melonjak drastis setelah produksinya dihentikan. Bahkan RX King Master Standard saja harganya mencapai 15 juta.

Para kolektor sangat tertarik dengan motor RX King karena kesan vintage yang dimilikinya. Kegagahannya pun terlihat spesial, dibandingkan dengan rupa motor yang beredar saat ini. semakin langka series yang diperjual belikan, maka harganya bisa semakin mahal. Semakin lama tahun pembuatannya juga membuat mereka semakin diminati.

Sebagai contoh, RX King type Cobra yang berkode Y1 bisa dijual dengan harga ratusan juta. Apalagi jika motor tersebut memiliki warna yang unik dan jarang, misalnya putih. Di kala itu, warna terang belum terlalu diminati, sehingga produksinya hanya dilakukan sekitar tahun 1983 saja. Jumlah unitnya pun terbatas, sehingga semakin dilirik kolektor.

Salah satu pemilik motor type Cobra warna putih pernah menerima tawaran untuk melepas motor kesayangannya dengan harga 200 juta. Harga tersebut sudah setara dengan harga kendaraan roda empat, yang beredar di Indonesia. Tidak salah jika sebagian orang menggunakan motor tersebut sebagai salah satu bentuk investasi.

Perbedaan RX King dan RX Spesial

  1. Usia Kendaraan Dan Fitur

Pecinta motor RX di Indonesia membagi series RX sebagai RX Spesial dan RX King. RX Spesial adalah kendaraan yang diproduksi sekitar tahun 1981 hingga 1983. Sedangkan RX King dienal untuk hasil produksi tahun 1983 hingga 2009. Saat didatangkan dari negeri sakura, RX Spesial sudah dalam kondisi utuh atau yang disebut dengan built up.

Sedangkan RX King didatangkan dalam kondisi setengah jadi, dan perakitan nya dilakukan di Indonesia. RX King hanya dayang berapa box mesin yang utuh, namun untuk kerangkanya dikirim terpisah. Tentu saja salah satu alasannya untuk menambah kapasitas angkut. Cukup merepotkan jika kendaraan dikirim dalam kondisi utuh dari Jepang ke Indonesia.

  1. Mesin

RX spesial memiliki rem belakang dengan bentuk berupa tombol. Rem tersebut sudah yang paling canggih di kala itu. Mereka juga disokong dengan mesin berjensi dua stroke. mesin tersebut memiliki kapasitas sekitar 115 CC. Perbedaan kompresi mesin ini mencapai 6:61. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 11,5 tenaga kuda, pada kondisi 8500 rpm.

Mesin RX Spesial dapat menempuh perjalanan yang cukup jauh karena sudah di support dengan pendingin udara yang mutakhir di masanya. Kondisi inilah yang membuat harga motor rx king bekas masih mahal. bobot kendaraan tersebut jika dalam kondisi kosong adalah 94 kg. Kapasitas tangki bensinnya adalah 9.5 liter.

Lantas bagaimana dengan RX King? Tentu saja kendaraan ini memiliki spesifikasi mesin yang jauh lebih canggih. Namun perlu dipahami terlebih dahulu, bahwa RX King memiliki dua tipe mesin yang diproduksi. Tipe pertama digunakan pada tahun 1983 hingga 2005, sedangkan versi keduanya dijual pada tahun 2006 hingga 2009.

Secara umum, RX king memiliki kapasitas pendingan sebesar 132 cc dengan perbandingan kompresi sebesar 6 : 91. Kemudahan sepeda tersebut dilengkapi dengan tangki bensin berkapasitas 9,5 liter. Selain itu, kapasitas tangki oleh adalah 1 liter. Sedangkan jenis karburator yang dipakai adalah VM 26 X 1 Mikuni yang daya maksimalnya adalah 18,5 tenaga kuda.

Apa yang Diperhatikan Saat beli RX Bekas?

  1. Kondisi Rangka Motor

Saat hendak membeli sepeda motor, anda wajib melihat dulu bagaimana kondisi rangka luarnya.  Pilih diantara mereka yang minim goresan atau kerusakan. Dengan begitu, harga jualnya nanti tidak akan terlalu turun. Motor RX sebagian besar didominasi oleh bahan berupa besi. Oleh karena itu, teliti pula apakah ada karat atau tidak.

Apabila ditemukan ada kecacatan, maka anda bisa meminta diskon dari penjual. Apalagi motor tersebut umumnya dibanderol dengan harga yang mahal. Teliti pula apakah ada bekas las atau tidak. Tidak terlalu sulit untuk membedakan rangka motor yang sudah mengalami pengelasan. Saat disentuh, hasil las lasan akan terasa kasar dan berbeda dengan part yang lain.

  1. Kondisi Mesin

Meskipun anda membelinya untuk koleksi, tetap perhatikan bagaimana kondisi mesin RX dengan baik. Sangat disayangkan jika anda membeli kendaraan yang tidak bisa digunakan sama sekali. Sangat disayangkan jika anda hanya memberi kerangka tanpa ada value atau fungsi yang didapat. Kondisi mesin menjadi hal yang penting dan tidak bisa diabaikan begitu saja.

  1. bagian kelistrikan

Sepeda motor RX Spesial dan RX King sudah dilengkapi dengan lampu jalan. Mereka juga sudah dilengkapi dengan lampu di beberapa part yang lain. Oleh karena itu, anda harus memastikan bahwa kelistrikan motor berjalan dengan baik. Speedometer nya juga perlu dilihat apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Harga Sepeda Motor RX King Bekas

Apabila hendak membeli sepeda motor RX king, sudah sepatutnya jika anda mencari informasi terkait dengan kisaran harga. Jika dilihat dari platform Tokopedia, sepeda motor RX king ini dibanderol dengan harga yang sangat bervariasi. Ada diantara mereka yang dijual dengan harga 8 juta. Namun ada pula yang dipasarkan dengan harga 100 juta.

Perbedaan harga ini didapat dari perbedaan series dan tahun pembuatan. Semakin lama tahun motor diproduksi, maka harganya bisa semakin mahal. Apalagi jika seriesnya termasuk golongan yang langka. Selain itu, RX king yang mahal memiliki bodi yang mulus dan mesin yang berfungsi. Terkait dengan hal ini, anda perlu melihatnya secara langsung. Jangan hanya melihat dari deskripsi seller saja.

Meskipun platform ecommerce adalah langkah paling mudah untuk membeli barang, namun beberapa orang tidak menyarankannya untuk berburu sepeda motor. Apalagi jika jenis kendaraan yang hendak dibeli sudah termasuk kendaraan tua. Takutnya hasil yang didapat tidak sesuai ekspektasi. Selain itu, kendaraan tersebut cukup sulit untuk di jual kembali kecuali pada kolektor.

Jangan sampai anda dikenakan harga motor rx king bekas yang terlalu mahal, padahal kondisinya sudah sangat buruk. Akan lebih aman lagi, jika anda membeli motor RX dari seorang kolektor yang menghargai barang barang vintage. Mereka pasti merawat motor gagah itu dengan baik, sehingga kerusakan padanya cukup minim. Namun tentu saja, membeli kendaraan pada mereka bisa lebih mahal.

Demikianlah sekilas penjelasan terkait dengan sepeda motor jenis RX King yang perlu anda ketahui. Setidaknya anda harus memahami setiap bagian dari artikel ini sebelum memutuskan untuk membelinya. Jika kebetulan lokasi seller ada luar Makassar, tidak ada salahnya jika anda menggunakan layanan ekspedisi Makassar untuk membantu pengirimannya.