Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Ini Dia Cara Menyapih Balita yang Efektif dengan Mudah

Menyapih merupakan salah satu proses yang penting untuk dilakukan. Proses ini sendiri perlu dilakukan dengan tepat agar nantinya si kecil tetap dapat tercukupi nustrisinya. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana tips menyapih yang efektif. Sebagai informasinya, terapkan beberapa cara menyapih anak di bawah lima tahun berikut:

  1. Lakukan perlahan dan tenang

Untuk menyapih seorang anak, perlu dilakukan dengan perlahan, tenang, dan bertahap. Hal ini berarti sangat dianjurkan bagi Anda untuk tidak membuat si kecil berhenti menyusui secara tiba-tiba. Ada baiknya memberikan waktu pada mereka selama beberapa bulan atau minggu.

  1. Mulai kenalkan dengan gelas

Selanjutnya, Anda juga dapat mulai mengenalkan si kecil dengan gelas sebagai cara minumnya. Cara yang satu ini dapat dilakukan dengan mengganti ASI menggunakan susu formula. Cara ini sendiri secara efektif dapat membantu produksi ASI menjadi menurun.

  1. Memperpendek waktu menyusui

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba memperpendek waktu anak menyusui. Contohnya saja jika sebelumnya waktu menyusui selama lima belas menit, maka Anda dapat memperpendeknya dengan waktu lima sampai sepuluh menit. Lakukan cara ini secara berkala dan coba juga untuk memberikan makanan sehat setelah menyusui.

Itulah beberapa cara menyapih si kecil yang dapat Anda lakukan. Cara yang satu ini tentu tidak akan sulit dilakukan. Adapun yang perlu diperhatikan adalah dengan tidak secara tiba-tiba saat menyapihnya. Akan tetapi, lakukan secara perlahan.