Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Intip Daftar Sungai Terpanjang di Pulau Jawa

Pulau Jawa menjadi salah satu pulau yang paling padat penduduknya. Selain banyaknya jumlah penduduk, Pulau Jawa juga memiliki potensi keindahan buatan dan juga alamnya. Seperti beberapa bangunan Candi, Pegunungan, Lautan, Danau, Curug (Air Terjun), dan Sungai. Di Jawa juga terdapat aliran sungai terpanjang, Berikut daftar sungai terpanjang di Pulau Jawa adalah sebagai berikut.

Deretan Sungai Terpanjang yang Ada di Jawa

  1. Sungai Bengawan Solo (Jawa Tengah)

Menjadi dereta pertama terpanjang, Sungai Bengawan Solo ternyata memiliki panjang kurang lebih 58,53 kilometer. Letaknya sudah pasti berada di wilayah Kota Solo Jawa Tengah. Sungai tersebut memiliki 2 hlu yaitu dari pegunungan Sewu Wonogiri dan juga Ponorogo. Muara sungainya juga berada di Kota Gresik Jawa Timur.

  1. Sungai Brantas (Jawa Timur)

Sungai Brantas menempati deretan sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa. Panjangnya kurang leih mencapai 320 kilometer dan berasal dari Pegunungan Arjuno dan berasal dari Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. Pada aliran sungai yang mencapai ke Mojokerto, terbagi menjadi 2 arah ke Kali Mas Surabaya dan Kali Porong Sidoarjo.

  1. Sungai Citarum (Jawa Barat)

Ketiga, yang menjadi sungai terpanjang di Pulau Jawa adalah sungai Citarum yang terletak di Bandung Jawa Barat. Panjang yang dimiliki sungai tersebut kurang lebih mencapai 300 kilometer. Sungai tersebut juga berasal dari hulu pegunungan Wayang Selatan Bandung dan mengalir terus hingga ke daerah utara laut Jawa.

Nah, itulah beberapa daftar dari deretan sungai terbesar dan terpanjang yang ada di Pulau Jawa. Dengan keberadaan sungai-sungai tersebut, hendaknya Kita turut menjaga dengan tidak mencemari aliran sungainya. Semoga informasi di atas bermanfaat danĀ  menambah wawasan tentang sungai-sungai terpanjang di Indonesia.