Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Jembatan Lengkung Terpanjang Ternyata Terletak Di Indonesia

Tahukah Anda bahwa di Indonesia jembatan lengkung panjang yang pernah dibuat adalah jembatan lengkung LRT yang terletak di kuningan.Tidak hanya di Indonesia saja, ternyata jembatan ini juga merupakan jembatan lengkung terpanjang di dunia.Jembatan ini membentang sepanjang 148 meter tanpa tiang penyangga di bagian tengahnya.Lantas apakah jembatan ini aman untuk digunakan?

Jembatan lengkung ini diklaim aman digunakan.Hal ini dikarenakan, sebelum digunakan jembatan ini telah diuji terlebih dahulu.Sebelum dioperasikan, jembatan lengkung ini harus menjalani uji beban untuk meraih seritifikat layak fungsi.Perancan jembatan yang disebut long span, Arvila Delitriana alias Dina mengatakan bahwa tes untuk uji jembatan lengkung ini direncanakan pada awal tahun 2020.

Pengujian jembatan lengkung ini memakai kereta LRT setelah jalur kereta dari Cibubur nanti tersambung.Dengan keamanan beban lebih berat dari LRT ini membuat jembatan ini aman digunakan.Beban lebih berat itu adalah alat traveler yang ikut dipakai untuk memasang beton-beton jembatan. Berat traveler ini mencapai 60 ton dan terus tergantung selama proses pemasangan hingga selesai.

Jembatan yang mengangkangi jalan tol kota Jakarta yang memiliki radius lengkung hingga 115 meter ini telah tercata di Museum Rekor Indonesia (MURI). MURI menyematkan penghargaan kepada kontrakror PT Adhi Karya sebagai pemegang rekor jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang dan radius terkecil di Indonesia.