Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Manfaat Menggendong Bayi Untuk Kesehatan si Kecil

Di sekitar kita, ada banyak mitos soal sering menggendong bayi. Mulai dari si kecil yang jadi lebih manja, ‘bau tangan’ atau lainnya. Padahal faktanya, manfaat menggendong bayi sangat baik loh, terutama untuk kesehatannya.

Sebelum bisa berjalan, bayi akan lebih sering digendong. Bahkan sebelum Bunda ingin menggendongnya, ia bisa saja memintanya dulu. Bunda pun pasti tidak akan keberatan. Apalagi dengan kedekatan yang bisa terjalin saat menggendongnya.

Nah disamping itu, menggendong bayi ternyata juga punya banyak manfaat kesehatan. Seperti untuk bayi, manfaat menggendong tersebut antara lain:

  1. Membantu Bayi Mengatur Suhu Tubuhnya

Manfaat menggendong bayi yang pertama ini sama halnya ‘perawatan kanguru’. Menggendong bayi skin to skin dapat membantu bayi mengatur suhu tubuhnya. Membuatnya stabil dan menjaganya tetap hangat.

  1. Mengurangi Rasa Sakit dan Menenangkan

Dekapan dan pelukan orang tua bisa menjadi obat mujarab bagi bayi. Karena itu, saat digendong bayi biasanya lebih tenang. Kehangatan dan perasaan dekat kala digendong sang ibu membuat bayi menjadi nyaman.

  1. Menstimulasi Perkembangan Bayi

Saat digendongan, bayi dapat lebih dekat memperhatikan kegiatan sang Bunda. Hal itu secara tidak langsung akan menstimulasi bayi untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Membuatnya lebih cepat bicara dan mengenal lingkungannya.

  1. Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi

Perasaan senang dan nyaman ketika digendong dapat mempengaruhi otak bayi. Saat bayi bahagia, saraf-saraf pada bayi akan terhubung satu sama lain. Alhasil, perkembangan otaknya pun jadi meningkat.

Bagaimana? Manfaat yang luar biasa,kan? Jadi tidak perlu ragu lagi untuk menggendong bayi. Karena pada waktunya nanti, si kecil pun pasti akan belajar mandiri.