Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Manfaat Menggunakan Sepeda Statis

Seperti namanya, sepeda statis merupakan sepeda yang tidak dapat bergerak maju maupun mundur karena tidak memiliki roda. Meski begitu, sepeda ini memiliki pedal untuk dikayuh. Oleh karena itulah mengendarai sepeda ini akan terasa sama seperti mengendarai sepeda biasa.

Sepeda Statis untuk Olahraga

Sepeda jenis ini biasa digunakan sebagai alat alternatif untuk berolahraga sehingga orang-orang dapat tetap bersepeda ketika cuaca tidak mendukung, sedang tidak ingin keluar, bahkan ketika tidak memiliki waktu luang untuk bersepeda di luar ruangan. Manfaat menggunakan sepeda ini adalah sebagai berikut:

  1. Memperkuat otot dan persendian

Layaknya bersepeda dengan sepeda biasa, bersepeda di dalam ruangan menggunakan sepeda ini pun dapat memperkuat otot dan persendian. Pasalnya, bersepeda dapat membuat otot-otot pada bagian kaki, paha, lengan, bahu, perut, dan punggung menjadi lebih kencang dan kuat.

Tak hanya baik untuk otot, bersepeda juga dapat memperkuat tulang serta persendian tubuh, bahkan dapat meringankan penyakit sendi seperti osteoarthritis.

Karena tidak memiliki roda, sepeda jenis ini pun dapat digunakan oleh siapa pun termasuk orang-orang yang memiliki masalah keseimbangan. Penggunaannya juga dapat meminimalkan risiko terjadinya cedera karena jatuh seperti yang dapat terjadi ketika mengendarai sepeda biasa.

Oleh karena itulah sepeda jenis ini juga dapat digunakan oleh para lansia.

  1. Meningkatkan stamina dan kebugaran

Tak hanya memperkuat otot, sendi, dan tulang, bersepeda di dalam ruangan juga dapat meningkatkan energi atau stamina tubuh sehingga tubuh menjadi lebih bugar. Alhasil, Anda pun tidak akan mudah merasa lelah dan tubuh menjadi lebih fit.

Untuk mendapatkan efek tersebut, Anda harus rutin menggunakan sepeda ini dengan durasi minimal 150 menit per minggu atau 30 menit per hari.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ vital yang amat penting bagi tubuh, tak kalah penting dari otak. Pasalnya, organ inilah yang bertugas memompa darah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Artinya, apabila kinerja jantung terhambat, maka sistem di dalam tubuh pun akan ikut terpengaruh.

Untuk menjaga kesehatan jantung agar tetap dapat menjalankan tugasnya dengan lancar, Anda perlu berolahraga. Salah satunya adalah dengan bersepeda baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Pasalnya, bersepeda dapat melancarkan aliran darah, mengontrol tekanan darah, bahkan mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah.

Dengan kata lain, bersepeda dapat meningkatkan kinerja jantung dan pembuluh darah sehingga dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit seperti serangan jantung, stroke, maupun tekanan darah tinggi.

  1. Mengurangi berat badan

Bersepeda dapat mengurangi serta mengontrol berat badan. Pasalnya, olahraga yang satu ini dapat membuat otot-otot pada tubuh bergerak dengan aktif. Akibatnya, metabolisme tubuh pun akan meningkat serta dapat membakar kalori di dalam tubuh.

Kalori yang dapat dibakar ketika bersepeda di dalam ruangan kurang lebih 400 – 600 kalori dengan sesi bersepeda selama 45 menit. Agar pengurangan berat badan lebih optimal, Anda disarankan untuk mengimbangi rutinitas olahraga dengan diet rendah kalori.

Sepeda statis juga dapat memberikan manfaat kesehatan lain seperti mencegah atau mengurangi nyeri punggung, bahkan memperbaiki kualitas tidur. Oleh karena itulah Anda perlu menggunakan jasa Ekspedisi Jakarta ketika pindah ke tempat lain. Dengan begitu, Anda tetap dapat membawa serta sepeda tersebut.

Dengan profesionalitas Ekspedisi Jakarta, barang yang ingin dikirim ke tempat baru pun akan sampai dengan aman ke tempat yang diinginkan.