Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Masjid 99 Kubah

Makassar adalah sebuah kota di Provinsi Sulawesi Selatan yang dikenal dengan keindahan wisata pantainya. Tak hanya itu, ibukota Provinsi Sulawesi Selatan ini juga memiliki pemandangan alam yang memesona. Di samping pantainya yang indah, Makassar juga memiliki masjid unik dan indah yang disebut Masjid 99 Kubah.

Penamaan masjid ini tidak terlepas dari jumlah kubah masjid yang sangat banyak. Masjid yang dibangun sejak tahun 2017 ini diperkirakan selesai pada bulan Oktober 2021. Lokasi masjid ini ada di Kota Makassar, yaitu di Jalan Penghibur No. 289, Losari, Kecamatan Ujung Pandang.

Karena memiliki banyak kubah kecil-kecil yang mengelilingi kubah utama yang besar, detail masjid yang satu ini pun terbilang rumit. Rancangan masjid ini digarap oleh Ridwan Kamil, desainer bangunan sekaligus Gubernur Jawa Barat yang hingga kini masih menjabat.

Masjid yang luas bangunannya 72 m x 45 m ini dibangun dengan konsep hemat energi. Pasalnya, pencahayaan yang digunakan menggunakan pencahayaan alami. Tak hanya itu, saluran pembuangannya juga telah diatur sedemikian rupa sehingga air kotor dapat dibuang langsung ke IPAL, sementara air hujan akan dialirkan langsung ke CPI menuju laut.

Masjid 99 Kubah ini dibangun di lahan reklamasi di Pantai Losari. Oleh karena itulah panorama atau pemandangan yang ditawarkan oleh masjid unik ini pun sangat indah.