Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Mengenal Kualitas Mebel Jati Jepara Terbaik

Kayu jati merupakan salah satu kayu paling primadona di antara jenis kayu lainnya.  Bahan baku ini juga banyak diterapkan pada furniture Jepara. Oleh karena itu, mebel jati Jepara dikenal dengan kualitasnya yang mendunia.

Bahan baku kayu jati menjadi pilihan banyak orang karena keawetan dan ketahanannya yang baik. Selain itu, kayu jati juga memiliki tampilan serat yang terpadu, rapi dan indah. Wajar saja jika furniture kayu jati dibanderol dengan harga yang tinggi.

Mengenal Kualitas Mebel Jati Jepara

Mebel dari Jepara memang sudah tidak diragukan lagi dari segi kualitasnya mulai dari ukirannya yang indah, material yang digunakan serta mutu finishing yang ditampilkan. Namun, sebagai konsumen Anda harus tetap memperhatikan bagaimana jenis mebel  Jepara yang berkualitas dan yang tidak berkualitas.

Berikut hal yang perlu diperhatikan untuk mengenal kualitas mebel jati Jepara:

  1. Perhatikan Konstruksinya

Sebagai konsumen, memperhatikan bagian pola pada furniture juga tidak kalah penting. Jangan terpaku pada keindahan yang ditawarkan melainkan juga perhatikan setiap sisi pemasangan engsel, ukiran maupun konstruksi lainnya pada furniture.

Bagi tukang kayu yang memiliki keahlian dalam mebel pasti sangat memperhatikan beberapa hal termasuk pengujian. Bukan hanya sekadar dipaku maka bagian kaki kayu atau gagang kursi terpasang. Melainkan harus menggunakan teknik tertentu agar furniture kokoh dan berkualitas.

  1. Perhatikan Kecacatan Alami Kayu

Jika ingin melihat kualitas mebel Jepara dari bahan baku jati maka perhatikan kembali cacat alami dari kayu tersebut. Kayu jati yang berkualitas adalah yang minim mengalami cacat kayu seperti mata kayu.

Mata kayu biasanya bisa menyebabkan kayu menjadi retak sehingga lebih risiko ketika digunakan untuk furniture. Oleh karena itu, biasanya untuk mengantisipasi hal ini harus melalui tahap pendempulan.

Wajar saja jika furniture dengan masalah cacat kayu dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau.

  1. Perhatikan Finishingnya

Untuk finishing dalam skala industri mebel maka sangat tidak berkualitas apabila warnanya tidak merata. Hal ini sangat berpengaruh pada nilai estetik yang ditawarkan sehingga membuat furniture tersebut menjadi lebih murah.

Berbeda jika proses finishing yang diinginkan adalah kesan klasik seperti warna memudar. Tampilan warna yang kurang merata justru menjadi ciri khas. Namun, untuk mendapatkan tampilan semacam ini juga membutuhkan teknik finishing yang berbeda. Bukan hanya sekadar mengecat seperti penggunaan pelitur pada umumnya.

Melihat Keunggulan Mebel Jati Jepara

Setelah mengetahui kualitas mebel Jepara yang terbuat dari kayu Jepara tersebut maka Anda akan mengenali keunggulannya. Furniture kayu Jepara dikenal karena kualitasnya, lalu apa saja keunggulannya? Berikut penjelasannya:

  1. Mebel kayu jati cocok dipadukan dengan segala gaya dekorasi ruangan.
  2. Memiliki ukiran yang khas dan terkesan berkelas.
  3. Mebel dari Jepara dikenal sebagai mebel yang tahan lama.
  4. Penggunaan kayu jati berkualitas membuat furniture lebih tahan terhadap serangan jamur dan rayap.
  5. Memberikan kesan elegan karena hasil finishingnya yang natural.
  6. Pemilihan bahan baku yang berkualitas menunjang mebel jati selalu unggul.

Kayu jati Jepara memang dikenal sebagai bahan baku yang kokoh, kuat dan mudah untuk dibentuk pola sebagai furniture. Seratnya yang rapi dan terpadu membuat furniture kayu jati hanya cukup difinishing dengan warna natural kayu.

Jika Anda membeli furniture dan melihat penggunaan kayu jati maka Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal seperti yang disebutkan diatas. Selain itu, kayu jati saat ini juga memiliki beberapa grade. Pasalnya, semakin meningkatnya keinginan terhadap kayu jati maka panen kayu ini juga cenderung lebih cepat.

Meskipun panen kayu jati lebih cepat, tetap saja kualitas kayu jati masih tetap unggul dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Jika Anda sudah memilih mebel jati Jepara, sudah kah mempertimbangkan kualitas furniture tersebut?