Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Mengenal Waktu Yang Tepat Untuk Menyapih dan 2 Cara Menyapih Balita

Pada usia tertentu balita harus disapih. Tahapan ini menjadi salah satu tantangan bagi para ibu. Maka tidak heran para ibu mencari berbagai macam cara supaya proses menyapih berjalan dengan lancar. Menyapih ini juga sangat diperlukan karena akan mempersiapkan si kecil untuk mengonsumsi makanan padat atau mengonsumsi susu formula.

Tanda-Tanda Anak siap disapih

Ketika Anda memutuskan untuk menyapih si kecil, maka Anda harus memperhatikan terlebih dahulu mengenai berbagai tanda bahwa anak siap untuk disapih, yaitu sebagai berikut :

  • Si kecil sudah terlihat tidak ingin menyusu atau menjadi rewel pada saat menyusu
  • Si kecil sering bermain-main dengan payudara si ibu misalnya saja sering menarik atau menggigit
  • Hanya menyusu untuk mendapatkan rasa nyaman misalnya saja si kecil menghisap puting tetapi tidak sampai mengeluarkan susu

Cara Menyapih si Kecil dengan Mudah

Setelah mengetahui tanda-tanda anak sudah saatnya untuk disapih, selanjutnya  Anda segera menyapih si kecil. Untuk menyapih si kecil harus dilakukan dengan benar. Jika tidak dilakukan dengan benar, maka bisa mengganggu perkembangan kognitif pada si kecil dan juga menyebabkan Malnutrisi. Berikut ini adalah cara menyapih balita dengan mudah., yaitu :

  1. Lakukan dengan perlahan

Cara menyapih balita akan terasa sangat mudah apabila dilakukan secara berlahan-lahan atau bertahap. Anda tidak disarankan untuk mengurangi secara langsung frekuensi si kecil saat menyusu. Berikanlah waktu selama beberapa minggu. Jika menghentikan pemerian ASI secara mendadak maka akan membuat si kecil merasa kaget.

  1. Kenalkan si kecil minum dengan menggunakan gelas

Cara menyapih si kecil dengan minum menggunakan gelas dibandingkan menggunakan  botol. Pada dasar balita yang diberikan ASI secara langsung, akan lebih mudah belajar dengan menggunakan gelas. Anda bisa memulainya saat si kecil menginjak usia 6 bulan.