Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Resep-Resep dan Menu Sahur untuk Diet

Selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, semua orang pasti harus melakukan ibadah sahur. Sahur ini adalah salah satu kegiatan yang sangat penting bagi semua umat Islam untuk mengisi energi semua orang pada saat sedang beribadah puasa. Bagi beberapa orang yang juga sedang melakukan diet Ketika puasa, maka menyantap sahur dapat membantu untuk mengontrol hawa nafsu khususnya makan pada saat waktu buka puasa ini tiba.

Pentingnya Makan Saat Sahur

Selama berpuasa, seluruh umat muslim memang wajib untuk menahan lapar dan juga dahaga. Namun, sebelum menahan lapar dan dahaga selama seharian, semua orang harus menyantap makan sahur terlebih dahulu. Menyantap makan sahur juga tidak boleh sembarang makan, apalagi semua kebutuhan akan gizi, protein dan vitamin juga harus benar-benar bisa tercukupi dengan maksimal.

Beberapa Menu Diet yang Bisa Dikonsumsi Saat Sahur

Bagi beberapa orang yang sedang melaksanakan diet di bulan puasa, ada beberapa hal yang wajib Anda pahami. Apalagi beberapa hal yang harus dipahami ini sendiri adalah kecukupan akan makan-makanan yang akan dikonsumsi nantinya. Nah, untuk sejumlah menu diet yang lebih baik dikonsumsi pada saat menyantap makan sahur diantaranya sebagai berikut ini:

  • Mencukupi Kandungan Karbohidrat

Bagi Anda yang sedang diet, maka Anda disarankan untuk mengonsumsi beberapa menu diet dengan beberapa jenis karbohidrat yang sangat penting pada saat sahur. Karbohidrat ini adalah jenis dan kandungan makanan yang mengandung serat tinggi yang bisa membuat seseorang bisa lebih kenyang lebih lama apalagi saat menyantap makan sahur.

  • Mencukupi Kandungan Serat

Kemudian, jangan sampai lupa juga untuk selalu mencukupi akan kandungan serat yang tepat. Beberapa makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat terbaik mulai dari nasi merah, roti gandum, pasta gandum, oat, quinoa sampai dengan kentang yang bahkan disarankan untuk dikonsumsi dengan kulitnya.

  • Mencukupi Kandungan Protein

Kandungan akan protein juga wajib untuk tercukupi Ketika sedang memakan santap sahur dengan porsi diet. Mengonsumsi protein bahkan mampu untuk membantu dalam menurunkan berat badan. Sehingga nantinya Anda wajib untuk mengonsumsi sejumlah menu-menu makanan dengan protein yang tepat pada saat menyantap sahur. Bukan hanya itu saja, protein juga akan dibutuhkan tubuh demi memperbaiki beberapa sel tubuh yang rusak bahkan mampu untuk meningkatkan system kekebalan tubuh sendiri. Beberapa perbandingan untuk konsumsi kandungan protein ini kurang lebih 1 sampai 2 porsi pada saat menyantap sahur. Pilih beberapa sumber protein hewani dengan kandungan lemak yang rendah. Baik itu ikan, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit sampai dengan telur. Anda juga bisa mendapat beberapa sumber protein nabati dari beberapa makanan lain seperti tahu, tempe, kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai dan lain sebagainya.

  • Mencukupi Sayur dan Buah-Buahan

Pastikan juga untuk tidak melewatkan makanan ini seperti buah dan juga sayuran. Meskipun sedang berdiet, Anda juga wajib untuk tetap mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Sayur dan buah juga mengandung cukup banyak serat bahkan vitamin sekaligus mineral yang akan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, asupan ini adalah asupan yang sangat-sangat dibutuhkan selama beberapa orang menjalankan ibadah puasa sekaligus ingin diet pada saat menyantap makan sahur.

Ada banyak menu lain yang masih bisa Anda buat pada saat menyantap makan sahur. Untuk berbagai menu lainnya, Anda bisa melihatnya di sini dengan berbagai menu dan olahan makanan yang akan menyehatkan.