Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Metode Penulisan Karya Ilmiah

Karya ilmiah merupakan suatu tulisan yang membahas mengenai masalah yang sedang terjadi sehingga membutuhkan penelitian untuk proses pemecahan masalah sehingga bisa menemukan solusi penyelesaian dengan sistematis dan runtut. Dalam proses pembuatan karya ilmiah harus membutuhkan persiapan yang baik dan benar sehingga tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan. Banyak sekali jasa penulis artikel yang bisa membuat karya ilmiah secara pengetahuan dengan kajian teori yang disesuaikan dengan kondisi lapangan pada saat penelitian. Sehingga membutuhkan metode penulisan dan penelitian yang sesuai dengan karya ilmiah yang ditulis dan diteliti. Apalagi saat ini banyak sekali ide atau gagasan baru yang perlu sekali untuk dipecahkan dan disebarkan kepada orang lain sehingga sangat berguna bagi orang lain.

Karya ilmiah memiliki banyak sekali manfaatnya karena menjadi sumber informasi pengetahuan yang baru karena bisa dikaitkan dengan penelitian lapangan yang sedang terjadi. Maka dari itu penting kiranya untuk selalu melakukan hal yang baru dengan inovasi yang kreatif dalam membuat karya ilmiah. Tentunya banyak dari pembaca yang mengharapkan informasi pengetahuan terkini untuk dikaitkan dalam kehidupannya. Oleh sebab itu penting sekali dalam membuat karya ilmiah yang menggunakan metode penulisan lebih lugas dan rinci sehingga deskripsi mengenai pokok permasalahan bisa dipahami dengan mudah.

Karya ilmiah sendiri memiliki banyak jenis yang perlu untuk diketahui, macam karya tulis ilmiah yang seringkali digunakan adalah sebagai berikut.

  1. Makalah
  2. Artikel
  3. Paper work atau kertas kerja
  4. Jurnal
  5. Skripsi
  6. Tesis
  7. Disertasi

Masing masing jenis karya tulis tersebut memiliki penggolongan yang berbeda. Hal tersebut bisa ditentukan dari kualitas pembahasan yang diangkat dan dipecahkan dalam penelitian tersebur. Maka dari itu memang perlu sekali untuk mencoba membuat karya tulis yang sesuai dengan kondisi saat ini bahkan bisa memberikan manfaat pengetahuan kepada orang lain yang membacanya.

Metode Yang Digunakan Dalam Penulisan

Ketika Anda sedang membuat karya tulis ilmiah yang membahas mengenai tema penting atau topik pembahasan yang membutuhkan penelitian dengan data yang akurat maka penting kiranya untuk selalu memperhatikan sistematika penulisan atau metode penulisan yang benar. Sebab hal itu berguna sekali untuk membuat karya ilmiah Anda bisa dipahami banyak orang. Dalam membuat karya ilmiah Anda perlu memperhatikan kaidah penulisan yang diterapkan yaitu sebagai berikut.

  1. Menggunakan sumber referensi terpercaya sehingga memperkuat penelitian dan karya Anda karena dikuatkan dengan sumber referensi yang terpercaya. Oleh karena itu ketika Anda mengambil rujukan usahakan untuk menggunakan yang valid dan bisa dipercaya seperti buku, jurnal, artikel dan laina-lain.
  2. Penggunaan kutipan juga perlu dilakukan dengan mengambil hasil pemikiran orang lain akan tetapi harus menyebutkan sumber kutipan diambil agar tidak mengambil hak cipta orang lain sehingga terkena plagiasi.
  3. Perlu diketahui bahwa kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baku juga perlu diterapkan dalam metode penulisan karya ilmiah. Sehingga sesuai dengan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia.

Metode Penelitian Karya Ilmiah

Dalam penulisan karya ilmiah terdapat dua jenis metode penelitian yang bisa dilakukan. Yang mana jenis metode penelitian tersebut adalah metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Dua metode ini sering digunakan sesuai dengan topik pembahasan yang digunakan dalam karya ilmiah. Untuk metode kuantitatif lebih berfokus pada penelitian lapangan yang membahas mengenai data dan angka sedangkan untuk metode kualitatif lebih berfokus pda deskripsi yang bersifat narasi.