Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Pengaruh dan Sejarah Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Indonesia dikenal dengan beragam sejarahnya seperti berdirinya kerajaan Hindu Budha yang membawa pengaruh terhadap Indonesia. Sejarah kerajaan Hindu Budha di Indonesia pun telah dipelajari sejak sekolah dasar.

Kerajaan Hindu Budha menjadi salah satu yang memberikan pengaruh terhadap kehidupan masyarakat di Nusantara. Bahkan wilayah kekuasaannya bukan hanya di Indonesia melainkan hingga ke kepulauan Filipina.

Sejarah Kerajaan Hindu Budha di Indonesia Beserta Pengaruhnya

Kerajaan pertama kali yang membawa pengaruh Hindu Budha di Indonesia adalah kerajaan Kutai. Sejak munculnya kerajaan Kutai, mulai berdiri Kerajaan Hindu Budha lainnya seperti Kerajaan Kutai, Kerajaan Sriwijaya hingga Kerajaan Majapahit.

Berikut pengaruh dari kerajaan Hindu Budha di Indonesia:

  1. Bahasa dan Tulisan

Kerajaan Hindu Budha membawa pengaruh akan munculnya bahasa dan tulisan. Bahasa yang dikenal hingga sekarang yakni Bahasa Sansekerta dan tulisan Pallawa.

  1. Sastra

Dari kerajaan tersebut banyak bermunculan tokoh-tokoh masyarakat yang membuat sebuah karya seperti kitab. Adapun tokoh-tokoh tersebut yakni Mpu Dharmaja, Mpu Panuluh, Mpu Sedah dll.

  1. Seni Bangunan

Masyarakat tentu sudah tidak asing lagi dengan candi yang merupakan bangunan bersejarah yang saat ini menjadi tempat wisata.

Pengaruh sejarah kerajaan Hindu Budha di Indonesia berdampak pada kehidupan masyarakat saat ini. Oleh karena itu, alangkah baiknya menjaga peninggalan sejarah agar menjadi renungan dan pelajaran.