Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Pengertian Puisi Menurut Bahasa Dan Para Ahli

Puisi sering kit abaca atau kita dengar di berbagai media, seperti sosial media, youtube, dan lain sebagainya. Biasanya puisi dibacakan dengan perasaan sehingga pesan yang ingin disampaikan kepada pendengarnya pun tersampaikan dengan baik.

Pengertian puisi menurut Bahasa

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, puisi adalah salah satu bagian sastra yang memiliki bahasa terikat, baik oleh mantra, bait, penyusunan larik, maupun irama. Puisi pun dibuat oleh para penulis untuk menuangkan apa yang ada dalam pikiran maupun perasaan mereka. Selain itu, puisi ini disajikan dengan penuh rasa (emosi).

Pengertian Puisi Menurut para Ahli

  1. B Jassin

Menurutnya puisi merupakan bagian dari karya sastra yang diucapkan dengan penuh rasa, mengandung gagasan maupun pikiran, dan merupakan sebuah respon terhadap kejadian tertentu.

  1. Sumardi

Adapun menurut Sumardi, puisi merupakan salah satu karya sastra yang menggunakan bahasa padat, singkat, dan memiliki irama bunyi. Sehingga, kata-kata yang ada didalamnya memiliki makna imajinatif maupun kiasan

  1. James Reeves

Puisi merupakan sebuah ungkapan dengan bahasa yang kaya akan makna dan daya tarik tersendiri.

  1. Herman Waluyo

Puisi merupakan bagian dari karya sastra yang mengungkapan perasaan maupun perasaan dari penyair itu sendiri. Hal ini diungkapkan secara tersusun dan imajinatif yang berfokus kepada bahasa dalam struktur batin dan fisik.

Disimpulkan bahwa puisi merupakan bagian dari karya sastra yang memiliki irama bunyi serta ditulis dengan singkat sehingga padat akan makna. Biasanya, puisi ini ditulis berdasarkan pengalaman, hasil pikiran, maupun perasaan dari penulis itu sendiri.