Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Penyebab AC Mobil Bau

Air Conditioner atau yang lebih sering disebut AC merupakan salah satu komponen interior mobil yang penting. Pasalnya, kehadiran AC di dalam kabin mobil merupakan salah satu jaminan kenyamanan dalam berkendara. Ini karena AC bertanggung jawab menjaga suhu kabin agar tetap sejuk sekalipun Anda berkendara ketika cuaca panas.

Namun, di samping peranannya yang begitu penting, AC mobil juga memiliki masalah. Salah satunya adalah aroma tak sedap atau bau yang keluar dari AC mobil. Saat hal ini terjadi, mencari tahu hal-hal apa saja yang menyebabkan AC mobil bau perlu dilakukan.

  1. Evaporator Kotor

Hal yang menyebabkan AC mobil mengeluarkan bau yang tidak sedap salah satunya adalah kondisi evaporator yang kotor dan bahkan berjamur. Akibatnya, aroma tak sedap pun akan keluar dari AC.

Evaporator yang kotor ini disebabkan karena terjadinya penumpukan kotoran di dalam komponen tersebut. Akibatnya, evaporator pun menjadi lembap sehingga menjadi tempat yang cocok bagi jamur untuk berkembang biak.

Oleh karena itulah AC perlu dirawat serta dicek secara rutin. Ketika Anda membawa mobil ke bengkel, tidak hanya mesin yang perlu dirawat dan diperiksa, AC mobil juga perlu diperiksa dengan detil.

Selain servis standar dan ganti filter, melakukan pengecekan pada komponen lain seperti expansion valve, receiver dryer dan flushing system juga penting.

  1. Merokok di dalam Mobil

Evaporator yang kotor disebabkan karena terjadinya penumpukan kotoran di dalam evaporator. Hal ini dapat terjadi karena kabin yang jarang dibersihkan sehingga debunya mengotori evaporator maupun karena kerap membuka jendela ketika menyalakan AC.

Selain karena kedua hal tersebut, menumpuknya kotoran pada evaporator juga dapatĀ  disebabkan oleh asap rokok karena pengemudi kerap merokok di dalam kabin mobil. Asap rokok dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap sekalipun kabin mobil Anda dilengkapi dengan AC dan Anda telah membuka jendela ketika merokok.

Pasalnya, sebagian asap rokok akan tinggal di dalam kabin dan menempel pada kain maupun material interior kabin sehingga menimbulkan aroma tak sedap di kemudian hari.

  1. Makan atau Minum di dalam Mobil

Sebelumnya, telah disebutkan bahwa debu dan kotoran yang menumpuk di evaporator salah satunya berasal dari debu dan kotoran yang ada di dalam kabin mobil. Oleh karena itulah menjaga kebersihan kabin adalah hal yang wajib dilakukan untuk mencegah agar AC mobil tidak bau.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari makan dan minum di dalam mobil. Hal ini sangat penting karena remah-remah makanan dapat mengotori kabin dan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Dengan mengetahui tentang penyebab AC mobil bau, Anda dapat melakukan langkah perbaikan yang tepat kepada AC mobil.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan langkah pencegahan serta perawatan yang tepat agar aroma tak sedap tak lagi muncul dari AC mobil. Misalnya dengan rutin membersihkan kabin hingga benar-benar bersih serta tidak memasukkan karpet yang masih basah ke dalam kabin.

Untuk mengatasi AC mobil yang bau, di samping membawa mobil ke bengkel, Anda juga dapat mengikuti Kursus mekanik mobil. Kursus mekanik mobil ini direkomendasikan terutama jika Anda memiliki minat di bidang otomotif.

Dengan mengikuti kursus, Anda tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tetapi juga mendapat kesempatan untuk membuka usaha otomotif.