Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Potensi Pulau Derawan yang Diakui

Kalimantan Timur memiliki pesona alam yang menakjubkan, salah satunya berada di Pulau Derawan. Pulau ini memiliki potensi kepulauan yang diakui oleh dunia. Salah satu potensi yang dimiliki oleh Pulau Derawan adalah terumbu karang. Terumbu karang yang dimiliki oleh pulau memiliki tipe karang atol, karang penghalang dan karang tepi. Karang keras dan karang hidup di pulau ini menunjukkan kekayaan biodiversitas yang cukup tinggi.

Selain terumbu karang, potensi lainnya yang dimiliki oleh Pulau Derawan adalah ikan karang. Dari survei yang dilakukan pada tahun 2003, ada sekitar 832 spesies ikan yang hidup dengan baik di pulau ini. Ikan jenis Dibes, Damselfishes dan ikan Wrasses merupakan jenis ikan yang dominan tinggal di Pulau Derawan. Padang lamun ditemukan di sepanang pulau dan memiliki kondisi yang beragam. Dengan adanya padang tersebut, gangguan yang disebabkan oleh ulah manusia dapat dikurangi akibatnya. Halophila ovalis dan Thalasia hemprichii merupakan lamun paling dominan yang ada di pulau.

Mangrove dimanfaatkan oleh warga pulau sebagai mata pencaharian. Sejak beberapa tahun yang lalu, tanaman ini dimanfaatkan sebagai tempat untuk tambak ikan dan udang. Nipah menjadi jenis mangrove yang paling banyak ditemukan di pulau. Nilai ekonomi yang disebabkan oleh hutan mangrove cukup tinggi dan membuat kehidupan masyarakat sekitar menjadi lebih baik. Tak mengherankan jika mangrove menjadi salah satu potensi pulau.