Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Resep Pepes Ikan Kembung Lengkap Beserta Cara Membuatnya, Wajib Dicoba!

Mengandung banyak nutrisi seperti protein, zat besi, kalium, kalsium, natrium, dan juga fosfor, membuat ikan kembung memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh. Sehingga olahan ikan kembung menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi bersama keluarga. Berikut resep pepes ikan kembung yang bisa dicoba untuk hidangan di rumah.

Cara Membuat Pepes Ikan Kembung

  1. Bahan Bahan untuk Pepes

Bahan bahan untuk membuat pepes ikan kembung termasuk cukup mudah dicari. Adapun bahan yang anda butuhkan yaitu

– 4 ekor ikan kembung

– 1 buah jeruk nipis

– 1 ikat daun kemangi

– 4 lembar daun salam

– 2 batang sereh dan ambil bagian putihnya

– 1 buah tomat

– Cabe rawit sesuai selera

– Daun pisang untuk membungkus ikan.

  1. Bahan untuk Bumbu Halus

Selain bahan bahan utama, anda juga membutuhkan beberapa bahan untuk membuat bumbu halus dari menu pepes ikan kembung. Umumnya bahan bahan ini pun bisa dengan mudah ditemukan di pasar maupun supermarket, yaitu :

– 10 butir bawang merah

– 3 siung bawang putih

– 4 butir kemiri

– 1 sdt ketumbar

– 2 cm kunyit

– Cabai merah keriting secukupnya

– Cabai rawit

– Gula

– Garam

  1. Cara Membuat

Setelah menyiapkan semua bahan, anda bisa mulai membersihkan ikan dan marinasi dengan perasan jeruk nipis. Haluskan semua bumbu halus dan tumis bahan sampai harum. Selanjutnya balurkan bumbu ke ikan. Ambil daun pisang dan masukkan satu ekor ikan kembung bersama daun salam dan cabe rawit utuh. Kukus pepes di atas api sekitar 30 menit sampai matang.

Apabila sudah matang, pepes ikan kembung bisa diangkat dan disajikan. Namun untuk rasa yang lebih lezat dengan aroma lebih kuat, anda bisa membakar pepes di atas pan sesaat sebelum dihidangkan. Bakar sampai daun pisang menjadi kecokelatan supaya lebih menggugah selera, kemudian hidangkan.