Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Sepeda Phoenix Tipe Lama Kembali Populer, Berikut Tips Membelinya Agar Tidak Tertipu

Mountain-bike hingga sepeda listrik memang begitu menarik untuk dibawa pulang, namun desain klasik sepeda ontel model lama tetap mampu membuat banyak orang meliriknya. Seperti sepeda Phoenix model standar yang sudah populer sejak tahun 1970-an. Namun sebaiknya anda memahami beberapa tips berikut apabila ingin membeli sepeda ini, agar tidak tertipu dengan produk tiruan.

Tips Membeli Sepeda Ontel Phoenix

  1. Cek Merk Sepeda Ontel

Jika anda ingin membeli sepeda ontel Phoenix, sudah tentu yang pertama harus dilakukan yaitu mengecek merk tersebut pada bagian body sepeda. Cara ini sebenarnya sangat sederhana dan untuk melakukannya tidak sulit. Sayangnya cukup banyak orang yang belum paham mengenai hal tersebut.

Jangan hanya terkecoh dengan tulisan Phoenix yang tertera pada body sepeda. Pasalnya banyak juga merk tempelan yang ternyata tidak sesuai dengan keasliannya. Sehingga apa yang diperoleh nantinya tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan. Jadi pastikan dengan seksama apakah memang benar itu Phoenix atau bukan, tidak hanya dari melihat tulisan merknya saja.

  1. Cek Frame

Frame sepeda merupakan bagian utama dan kerangka semua komponen lainnya yang terpasang pada sepeda tersebut. Sehingga wajib hukumnya bagi anda untuk mengecek bagian frame ini sebelum membawa pulang sepeda. Bahkan anda perlu untuk memeriksanya dengan teliti agar dapat memastikan kekokohan frame tersebut.

Jangan sampai anda membeli frame sepeda yang bengkok, karena itu bisa membuat anda kurang nyaman selama berkendara. Selain itu, frame bengkok bisa juga mengurangi kemampuan sepeda dalam menahan bobot yang dibawanya. Oleh karena itu, pastikan anda melihat dari arah roda belakang ke bagian depan sepeda dengan seksama.

  1. Cek Sambungan Frame

Selain mengecek bagian frame, anda juga perlu mengecek sambungan frame pada sepeda Phoenix. Cara memeriksa sambungan ini yaitu dengan melakukan gerakan memijat atau mengurut badan yang pegal pegal. Jika ada masalah atau sepeda pernah cedera, anda akan merasakan bagian yang kasar di sana. Itu berarti terdapat bagian sambungan frame yang pernah patah.

  1. Cek Kelengkapan Sepeda

Setelah mengecek frame sepeda apakah kokoh dan tidak ada bagian yang bengkok, selanjutnya cek kelengkapan sepeda lainnya. Sama seperti sepeda gunung, sepeda ontel pun mempunyai kelengkapan yang patut diperhatikan. Seperti jok sepeda, rantai, gir, dan lain sebagainya. Periksa semua komponen tersebut sebelum anda memutuskan untuk membawa pulang sepeda.

  1. Cek Aksesoris Sepeda

Tahukah anda bahwa saat ini sudah banyak orang yang mampu membuat aksesoris sepeda tiruan alias kw ? Bahkan deretan aksesoris palsu ini pun dibanderol dengan harga tinggi sesuai dengan aksesoris aslinya. Jadi harga mahal tidak menjamin bahwa aksesoris sepeda yang digunakan itu asli.

Bagi orang awam, secara kasat mata pasti akan kesulitan untuk membedakan antara aksesoris yang asli dan palsu. Maka dari itu, disarankan mengajak orang yang paham sepeda ontel apabila anda bingung bagaimana cara membedakannya. Dengan begitu anda bisa memperoleh sepeda ontel Phoenix yang original sesuai keinginan.

  1. Cek Cat Sepeda

Terakhir, anda juga tidak boleh terlewat mengecek bagian cat sepeda. Tips ini disarankan karena ada banyak pedagang curang yang ternyata mengecat ulang sepeda. Tujuannya adalah untuk menutupi cacat pada frame dengan menggunakan meni maupun dempul. Jadi lebih baik anda memilih sepeda yang masih cat aslinya untuk memastikan keadaan keseluruhan sepeda tersebut.

Sepeda klasik dengan desain menarik ini memang sampai sekarang masih mempunyai basis penggemar yang cukup besar. Sayangnya, banyak pedagang curang yang memanfaatkan hal tersebut dengan membuat sepeda ontel Phoenix kw. Oleh karena itu, anda bisa mengikuti beberapa tips di atas untuk mendapatkan unit sepeda original terbaik.