Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Surat Asy Syams dan Surat Adh Dhuha

Shalat sunnah merupakan ibadah yang tidak wajib, tetapi jika dikerjakan akan mendapatkan banyak manfaat atau keistimewaan. Salah satu shalat sunnah yang dapat dikerjakan di pagi hari adalah shalat dhuha.

Minimal rakaat yang dapat dikerjakan saat melaksanakan ibadah ini adalah 2 rakaat. Perbedaan shalat sunnah dhuha dengan shalat sunnah lainnya adalah surat Al-Qur’an yang dibaca pada ayat pertama dan ayat kedua sudah ditentukan (dianjurkan). Surat yang dimaksud adalah surat Asy Syams dan Surat Adh Dhuha yang berisi janji Allah SWT.

Keutamaan Surat Asy Syams dan Surat Adh Dhuha

Surat Asy Syams terdiri dari 15 ayat. Surat yang termasuk golongan surat makkiyah ini adalah surat ke-91 dari Al-Qur’an dan diturunkan setelah Surat Al Qadr.

Keutamaan surat Asy Syams yang diceritakan oleh seorang sahabat Rasulullah SAW, yaitu Ubay bin Ka’ab (ada di kitab Lamahatul Anwar wa Nafahatul Azhar, ditulis oleh Muhamad bin Abdul Wahid Al-Ghafiqi) adalah sebagai berikut:

  1. Diampuni dosanya

Saat manusia melakukan hal yang buruk, maka dia akan mendapat dosa. Akibatnya, dosa manusia pun semakin bertumpuk. Meski ibadah dapat menghapus dosa, belum tentu di masa depan dapat benar-benar bebas dari dosa.

Oleh karena itulah sangat dianjurkan untuk melaksanakan ibadah yang dapat menghapus dosa dan menghindarkan dari dosa. Salah satunya adalah dengan memperbanyak membaca surat Asy Syams terutama pada pagi hari, misalnya ketika melakukan shalat sunnah dhuha.

  1. Mendapat pahala

Selain dapat diampuni dosa-dosa, membaca surat Asy Syams juga dapat memperoleh pahala. Bahkan, pahala yang dapat diperoleh saat membaca surat ini sangat besar layaknya bersedekah dengan seisi langit dan bumi.

Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah SAW dari Ubay bin Ka’ab, yaitu “Barang siapa membaca surat ‘Wasy syamsi wa dhuhaha’, maka dia seakan bersedekah dengan segala sesuatu yang terbit atasnya matahari dan bulan.”.

  1. Aman dari sesuatu yang menakutkan

Orang yang membaca surat Asy Syams di setiap pagi juga akan aman dari segala sesuatu yang menakutkan. Oleh karena itulah surat ini dianjurkan rutin dibaca pada pagi hari.

Sementara itu, keutamaan membaca surat Adh Dhuha adalah sebagai berikut:

  1. Mendatangkan rezeki

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan rezeki selain dengan berusaha adalah dengan beriadah, misalnya dengan melaksanakan shalat dhuha dan membaca surat Adh Dhuha. Pasalnya, surat ini mengajarkan manusia untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT.

Dengan selalu bersyukur, Allah pun akan membukakan pintu rezeki selebar-lebarnya kepada hamba-Nya.

  1. Mengajarkan untuk selalu bersyukur

Allah SWT memberikan banyak sekali nikmat kepada hamba-Nya. Misalnya nikmat hidup, nikmat sehat, dan lain sebagainya. Namun, seringkali manusia melupakan nikmat yang diberikan Allah SWT dan apa yang dimiliki karena merasa orang lain mendapatkan lebih banyak nikmat darinya.

Namun, surat Adh Dhuha ini mengajarkan agar manusia selalu bersyukur melalui salah satu ayatnya, yaitu ayat 11: “Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).”.

  1. Mengajarkan berlaku baik kepada anak yatim

Ayat 9 surat Adh Dhuha berbunyi, “Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang.”. Artinya, melalui surat ini, Allah SWT memerintahkan manusia untuk memuliakan anak yatim. Oleh karena itulah membaca surat ini secara rutin dapat membuat Anda terbiasa untuk beruat baik kepada anak yatim maupun semua orang.