Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Tertarik Usaha Minuman Kekinian Franchise? Simak Hal Yang Perlu Diperhatikan Berikut

Sistem franchise sebenarnya sudah ada sejak lama dan kebanyakan berkembang pada kuliner. Seperti halnya dengan franchise minuman kekinian yang belakangan semakin dilirik. Bagi anda yang ingin usaha minuman kekinian dengan cara franchise, anda bisa memperhatikan banyak hal. Tentu saja sebagai pertimbangan agar lebih mantap ketika sudah mulai bisnis.

Sekilas Tentang Bisnis Franchise Minuman Kekinian

Banyak pengusaha yang bingung untuk menentukan cara bisnis yang akan dijalani. Apakah memulai brand sendiri atau sebaiknya bergabung saja dengan sistem franchise? Jika menurut data dari Asosiasi Franchise Indonesia atau AFI, bisnis waralaba mengalami peningkatan yang begitu drastis sejak tahun 2019.

Pada saat itu sudah terdaftar sekitar 2000 brand waralaba dan kemungkinan akan terus bertambah di tahun tahun berikutnya. Ada tiga kategori waralaba yang banyak dipilih yakni pendidikan, kuliner dan ritel yang berbasis online. Dan kuliner menjadi yang paling diminati, sehingga franchise minuman kekinian juga sudah marak.

Sebagian bukanlah pemain lama, melainkan pemain lama yang prediksinya akan tetap berjaya di tahun tahun yang berikutnya. Bisnis waralaba artinya anda bisa menggunakan brand yang sudah ada. Sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan, mengingat brand tersebut sudah dikenal. Anda hanya perlu meningkatkan penjualan juga menjalani operasional.

Untuk jenis bisnis minuman kekinian, anda harus memilih dengan cermat. Karena bisnis ini bisa dikatakan sebagai bisnis minuman. Banyak minuman yang begitu kondang awalnya, namun semakin bertambah waktu tak bisa bertahan. Mengingat masyarakat juga terus berinovasi dengan bidang kuliner. Sehingga harus anda pikirkan matang matang sebelum berniat terjun pada bisnis ini.

Kelebihan Bergabung Dengan Bisnis Waralaba

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika anda bergabung dengan bisnis waralaba. Yang pertama anda bisa membuka bisnis dengan waktu yang begitu cepat. Sebab anda tidak perlu membuat proposal bisnis ataupun strategi marketingnya. Anda hanya menjalankan sistem yang telah ada dan juga sudah terbukti berhasil.

Karena brand yang anda jual sudah terkenal, anda tidak perlu branding lagi. Masyarakat sudah mengetahuinya dan biasanya juga akan mendapatkan media promosi secara gratis. Belum lagi menjalankan usaha minuman yang kekinian secara franchise juga akan lebih terjangkau. Tingkat keberhasilan dari bisnis ini juga terbilang begitu lebar.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bisnis Waralaba Minuman

  1. Aturan Mengikat

Karena anda membeli brand yang sudah terkenal, bahkan bahan bahannya juga dari bisnis tersebut maka akan ada aturan yang mengikat anda. Hal ini tentu tidak selalu menjadi kekurangan, mengingat menjalankan bisnis akan semakin praktis. Anda hanya perlu mengikuti aturan yang ternyata sudah berhasil dengan banyaknya cabang yang sukses.

Ternyata hal ini juga bisa menjadi kekurangan, terutama bagi anda yang selalu memiliki banyak ide di kepala. Karena anda tidak akan bisa berinovasi karena aturan tersebut. Anda harus mengikuti manajemen yang sudah ada sesuai merek yang anda jual. Tentu anda tidak mungkin menambahkan menu baru sementara di tempat lain tidak ada.

Maka dari itu sebelum anda memutuskan untuk bergabung dengan usaha minuman kekinian dengan waralaba, konsekuensi ini harus dipikirkan. Apakah bukan masalah jika nantinya anda tidak bisa mengeksplorasi ide ide anda. Bukan hanya pada menunya, pada harga dan produknya juga tidak bisa diubah sesuai dengan kehendak kita.

  1. Pemotongan Pendapatan Setiap Bulan

Bisa dikatakan jika bisnis waralaba artinya anda bekerja sama dengan pemilik band. Anda memang bisa menggunakan merek mereka yang sudah terkenal. Bahkan bisa memasarkan produk dengan strategi manajemen yang sudah teruji. Tetapi anda tidak boleh melupakan, bahwa akan ada royalti yang harus anda bayarkan setiap bulannya atau tahunnya.

Memang pembayaran royalti tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak. Ada pihak yang pembayarannya setiap bulan, ada juga yang setiap tahun. Sehingga omzet yang ada dapatkan bisa dikatakan tidak sepenuhnya bersih. Berbeda dengan jika anda menggembangkan brand anda sendiri, semua pendapatan memang untuk anda dan mengelola bisnis.

  1. Omzet Mengikuti Reputasi Brand

Semakin besar brand yang anda pilih bukan berarti omzet yang ada miliki akan sama besarnya. Semua bisnis akan mengalami pasang surut, ketika brand sedang naik daun mungkin omset yang didapatkan akan besar. tetapi ketika ada penurunan, yang anda dapatkan juga akan menurun.

Dan perlu anda ketahui, bahwa tidak semua daerah bisa menerima sebuah brand. Walaupun sudah terkenal di kota kota lain, karena banyak faktor yang akan mempengaruhi. Sehingga sebelum anda memutuskan untuk bergabung dengan waralaba, pastikan jika memilih brand yang tepat. Lakukan juga riset untuk menyesuaikan dengan daerah anda.

  1. Kendala Bahan Baku Bisa Terjadi

Bahan baku dari minuman kekinian secara waralaba juga didapatkan dari pemilik franchise. Hal ini bisa menjadi kelebihan, karena anda tidak perlu mencari bahan bakunya kesana kemari. Selain itu juga sudah pasti jika bahan bahan tersebut kualitasnya terjaga. Tetapi, bahan baku ini juga bisa menjadi kendala apabila terjadi masalah pada pengiriman.

Kendala ini tentu saja akan memberikan pengaruh pada penjualan anda. Anda harus menunggu sampai bahan baku tersebut ada di pusat jika memang habis. Mengingat ada peraturan yang mengikat, tentu anda tidak bisa membelinya di pihak lainnya. Tak heran jika anda pernah membeli makanan atau minuman franchise, tetapi menu tersebut sedang kosong.

  1. Sifatnya Musiman dan Tidak Tahan Lama

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bisnis minuman kekinian memang tidak bertahan lama. setiap tahun selalu saja ada yang sedang hits dan banyak digemari masyarakat. tetapi kemudian minuman tersebut bisa menghilang begitu saja. Inilah yang membuat anda harus berhati hati ketika akan memulai usaha minuman yang kekinian.

Walaupun ada beberapa yang masih bisa bertahan, tetapi harga pasarannya juga mengalami penurunan. Tidak sedikit juga usaha waralaba yang tidak bisa bertahan. Ketika akan memutuskan untuk bergabung dengan waralaba, anda tidak bisa memutuskan sembarangan. Mungkin saat ini memang sedang banyak peminat, namun kita tidak tahu saat sudah turun.

Bisa saja omzet anda akan menurun drastis karena popularitas brand yang menurun. Padahal dalam membuat bisnis diharapkan bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Berbeda jika anda menggunakan brand sendiri, anda bisa mengembangkan bisnis serta terus berinovasi. Begitu juga dengan strategis marketing yang bisa saja mengalami perubahan.

Tips Sukses Untuk Waralaba Minuman Kekinian

  1. Jangan Salah Memilih Produk

Apabila anda ingin memulai usaha minuman kekinian dengan sistem franchise maka jangan sampai salah memilih produk. Anda tentu tahu saat ini sudah banyak sekali minuman kekinian yang menawarkan waralaba. Dari brand yang terkenal sampai brand yang baru merintis namun bersaing. Semuanya tentu akan memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.

Sebaiknya anda memilih produk yang memiliki target market jelas. Minuman tersebut apakah untuk orang muda sampai dewasa atau untuk anak anak saja. masing masing produk pasti juga akan memiliki algoritma produk yang paling laku. Maka dari itu, sebelum anda memilih produk pelajari terlebih dahulu sasaran pasarnya dan bagaimana prospeknya.

Tidak hanya itu pastikan jika memang sesuai dengan minat atau bakat anda. Misalnya anda tertarik untuk bergabung dengan waralaba kopi, bahan dan resep memang sudah disesuaikan. Tetapi anda tidak tertarik dan juga tidak terlalu paham, yang nantinya anda tidak akan menikmati pekerjaan anda. Jika anda paham, akan mudah untuk memberi arahan.

  1. Pelajari Karakter Franchisor

Dalam semua bisnis memang dibutuhkan riset yang baik, dengan begitu anda akan memiliki informasi penting yang tentu akan sangat berguna. Pemilik franchise atau yang dikenal dengan Franchisor akan memiliki hubungan erat dengan anda nantinya. Karena anda akan menjalankan usaha waralaba yang merupakan milik dari franchisor.

Dan dengan mengetahui karakternya, anda bisa tahu apakah nantinya peraturan yang diberikan bisa anda imbangi? Karena tak sedikit yang memiliki aturan sangat saklek. Yang artinya anda tidak akan bisa berinovasi dengan produknya. Sebaiknya, anda memilih franchisor yang mau membimbing anda dalam berbisnis waralaba ini dari nol agar lebih berkembang.

  1. Mencari Lokasi Yang Strategis

Jika anda ingin bisnis minuman yang kekinian, anda sebaiknya memiliki lokasi yang strategis. Terutama jika bergabung dalam waralaba. Lokasi yang strategis tidak selalu di pinggir jalan, tetapi lokasi yang sesuai dengan target market anda. Apabila minuman untuk generasi muda, tidak ada salahnya menjualnya dekat sekolah, mall atau tempat tempat yang mungkin sedang hits.

Atau bisa juga menyewa tempat di depan supermarket ataupun stand yang mudah dijangkau. Sekalipun anda membawa brand besar dan bagus, hasilnya tidak akan maksimal jika lokasinya tidak strategis. Anda bisa riset terlebih dahulu kira kira dimana lokasi yang pas. Akan mudah bagi anda menarik pelanggan jika lokasi mudah untuk dijangkau.

  1. Sebaiknya Hindari Minuman Musiman

Anda tentu sudah cukup tahu mengenai minuman kekinian yang musiman. Minuman ini akan laris manis, namun tak lama akan hilang. Beberapa waktu yang lalu yang kondang seperti dalgona coffe atau es kepal milo. Ada baiknya anda tidak memilih jenis produk minuman kekinian yang seperti ini. Karena anda mungkin akan mengalami kerugian sekalipun waralaba.

  1. Sesuaikan Dengan Modal

Hal yang tidak boleh diabaikan jika ingin usaha minuman kekinian dengan franchise adalah modal. Memang bisa dikatakan jika sistem ini membutuhkan modal yang lebih rendah dibandingkan membuka brand sendiri. Biasanya waralaba akan menawarkan beberapa paket, silahkan anda pilih sesuai modal yang ada agar lebih mudah tanpa harus mengajukan pinjaman.

  1. Menjaga Kualitas Pelayanan

Salah satu cara agar anda tetap sukses dalam bisnis waralaba minuman adalah pelayanan. Pelanggan akan lebih suka dengan tempat yang pelayannya ramah dan cepat. Memberikan pelayanan yang terbaik akan menjadi bagian dari ciri bisnis anda. Mengingat bahan baku ataupun sistemnya tidak lagi bisa diubah.

Tidak ada salahnya anda memulai bisnis dengan bergabung waralaba. Tapi juga bisa dengan membuka brand sendiri, namun ada banyak yang harus dipersiapkan. Dari desain bisnis, bubuk minuman kekinian sampai dengan marketingnya. Tentu pertimbangannya berada di jalan anda, mau waralaba atau usaha sendiri semuanya akan memiliki kelebihan dan kekurangan.