Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Yuk Cek Cara Membersihkan Kotoran Telinga Yang Aman Bagi Anak

Sebenarnya kotoran yang ada di telinga berfungsi sebagai pelumas agar tidak ada bakteri yang menempel. Namun ada kalanya, kotoran tersebut mengeras dan perlu diangkat. Di kesempatan kali ini, yuk cari tahu cara membersihkan kotoran telinga pada anak.

Cara Benar Membersihkan Kotoran Telinga

  1. Cuci Tangan

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memberikan kotoran pada telinga anak adalah mencuci tangan. Meskipun sederhana, namun hal ini penting agar tidak ada kuman yang masuk ke dalam organ pendengaran anak.

  1. Teteskan Obat Pembersih Dengan Bantuan Pipet

Untuk menghilangkan kotoran di telinga, anda perlu membeli obat khusus di apotek. Obat tersebut bentuknya adalah cairan, yang cara penggunaannya adalah dengan diteteskan ke dalam lubang telinga. Pakai pipet agar lebih mudah dan higienis.

Saat hendak memasukkan cairan, hindari kebiasaan menempelkan pipet di daun telinga anak. Hal ini akan membuat pipet terkontaminasi, karena bakteri akan menempel padanya. Berikan jarak, agar ada ruang yang membuat mereka sedikit berjauhan.

  1. Miringkan Kepala Beberapa Saat

Setelah obat dimasukkan, tunggu beberapa saat dengan posisi kepala yang dimiringkan. Langkah ini akan membantu proses pelunakan kotoran, agar lebih mudah dikeluarkan. Ada kalanya anda perlu mengulangi proses ini untuk kotoran yang sangat padat.

Kotoran tersebut perlu waktu agar bisa melunak dan menjadi bongakan yang kecil. Hindari kebiasaan mengorek kuping dengan cotton bud, karena malah akan membuat kotoran semakin terdorong masuk di dalam liang telinga.