Fleur de lis bridal

the best partner for your life, forever

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang Sejarah Dari Kerajaan Sunda

Kerajaan yang terletak di daerah Jawa Barat ini merupakan kerajaan yang keberadaannya menggantikan kerajaan tarumanegara. Kerajaan tersebut menjadi akar kuat bagi identitas sejarah dan budaya dari masyarakat Sunda. Ingin tahu apa saja peninggalan sejarah dari kerajaan sunda? Yuk simak sekilas informasinya disini!

Beberapa Peninggalan Sejarah Kerajaan Di Jawa Barat

  1. Prasasti Cikapundung

Prasasti cikapung merupakan peninggalan sejarah yang berupa batu prasasti dimana terdapat tulisan huruf sunda kuno didalamnya. Tulisan sunda kuno yang ada pada batu prasasti tersebut memiliki arti “semua manusia di dunia akan mengalami sesuatu”. Selain itu, gambar telapak tangan, telapak kaki, dan wajah juga ada pada peninggalan sejarah yang satu ini.

  1. Prasasti Huludayeuh

Prasasti Huludayeuh merupakan peninggalan sejarah yang berupa batu prasasti yang dimana didalamnya berisi sebelas baris tulisan aksara dan berbahasa sunda kuno. Akan tetapi pada saat ditemukan, peninggalan sejarah satu ini sudah dalam kondisi yang tidak utuh. Sehingga hal tersebut menjadikan tulisan aksara dan permukaan batu tidak utuh lagi.

  1. Prasasti Ulubelu

Prasasti ulubelu merupakan peninggalan sejarah yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke 15 M. Sesuai dengan namanya, prasasti ini ditemukan di daerah Ulubelu. Meskipun ditemukan di daerah Lampung, para sejarawan meyakini bahwa aksara yang ada pada prasasti ulubelu ini menggunakan bahasa sunda kuno.

Mengenal dan mempelajari sejarah peninggalan yang ada di Indonesia memang sangat perlu. Karena dengan mempelajarinya, sejumlah pengetahuan mengenai khasanah budaya bangsa akan anda dapatkan.  Selain itu, dengan mengenal peninggalan sejarah akan membuat diri anda semakin memiliki rasa untuk melestarikannya.